RAT 2021, KPRI Andan Jejama Bermitra dengan Bulog

PESAWARAN

Pesawaran (LV) -Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Andan Jejama Kabupaten Pesawaran terus berupaya kembangkan usahanya, salah satunya menggandeng Perum Badan Usaha Logistik (Bulog) meski sempat dua tahun diterpa pandemi covid-19.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPRI Andan Jejama, Silahuddin dalam laporan pertanggungjawaban pengurus tahun buku 2021, bertempat di Aula Islamic Center Kabupaten setempat, Kamis (21/04/2022), dihadiri pengurus dan Staff Ahli Ekobang Pemkab setempat, Mustari, Kadis Koperasi dan UMKM, M. Iqbal, serta Kepala Pengawas KPRI Andan Jejama.

” Langkah-langkah tersebut menjadi diskusi bersama pengurus KPRI Bumi Andan Jejama yang saat ini sedang merintis dengan perum Badan Usaha Logistik (Bulog) ,” ujar Silahuddin.

Menurutnya, arahan itu juga sesuai harapan Pak Bupati Dendi Ramadhona bahwa menghendaki ASN Pesawaran mengkonsumsi beras lokal asal Pesawaran, selain itu juga salah satunya mendorong hasil produksi beras meningkatkan maupun kesejahteraan masyarakat petani akan lebih baik.

Baca Juga:  Basic Of Journalisme by Juniardi

” Sehingga beras yang berasal dari Pesawaran itu bisa dirasakan oleh ASN, tentu saja Koperasi Andan Jejama Kabupaten Pesawaran terus berupaya untuk berbagai cara usaha demi meningkatkan kesejahteraan bersama,” ujar Silahuddin.

Lebih dari itu Ketua KPRI Andan Jejama menyebutkan hal tersebut mengatasi terkena dampak covid-19 selama dua tahun ini ada beberapa hal niat baik para pengurus tersebut mengalaminya sehingga menyebabkan penurunan anggota. Salah satunya banyak anggota yang pensiun dan beberapa anggota yang pindah kerja ke luar Kabupaten Pesawaran.

Baca Juga:  Nanda Indira Dendi Hadir Bersilaturahmi HUT ke-2 Srikandi Dermawan

” Diantaranya jumlah anggota yang semula di tahun 2020 berjumlah 2.041 anggota dan tahun ini (2022, red) berkurang kembali menjadi 1986 anggota. Dengan menurunnya jumlah anggota tersebut tentu itu mempengaruhi pula Sisa Hasil Usaha (SHU) di tahun lalu (2020, red) sisa hasil usaha sebesar Rp 281 juta, dan tahun ini turun menjadi Rp191 juta,” tandasnya.

Staff Ahli Ekobang Pemkab setempat, Mustari, menyampaikan, moment ini seyogyanya dimanfaatkan untuk mengevaluasi secara cermat tentang kinerja dan manajemen koperasi.

” Sejauh mana keberhasilan pengurus dalam mengembangkan koperasi ini dengan memberdayakan anggotanya melalui pelayanan simpan pinjam dan usaha lainya,” ucapnya.

Selain itu, sambung Mustari, diharapkan pula peserta RAT dapat memberikan masukan yang positif bagi kemajuan Koperasi Andan Jejama di masa yang akan datang. Oleh karena itu saya percaya bahwa pelaksanaan tugas pengabdian dipertangungjawabkan pada hari ini.

Baca Juga:  Sebanyak 34 Kelompok Pengrajin/industri Kreatif Terima Bantuan

” Ini merupakan upaya dan jerih payah yang maksimal, walaupun mungkin masih terdapat kekurangan sehingga di tahun mendatang koperasi kita semakin berkembang dan lebih maju lagi. Semoga di tahun mendatang koperasi kita semakin berkembang dan lebih maju lagi,” pungkasnya.(ang)

 1,410 kali dilihat

Tagged