SMAN 01 Simpang Pematang Mesuji Gelar Upacara Bendera Hari Kesaktian Pancasila

SMAN 01 Simpang Pematang Mesuji Gelar Upacara Bendera Hari Kesaktian Pancasila
MESUJI

Mesuji, (LV)
SMAN 01 Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Lampung menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati hari kesaktian Pancasila tahun 2022.

Upacara memperingati hari kesaktian Pancasila dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMA N 01 Simpang Pematang, M. Sururi S.Pd.I.,M.Pd,. yang berlangsung di halaman sekolah setempat, Sabtu (01/10/2022).

Kepala Sekolah SMA N 01 Simpang Pematang, M. Sururi S.Pd.I.,M.Pd,. menjelaskan, upacara peringatan hari kesaktian pancasila untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam aksi Gerakan 30 September 1945 oleh Partai Komunis Indonesia atau dikenal G30SPKI.

Baca Juga:  Dibagi Empat Tim, Bupati Khamami Dijadwalkan Sholat Idul Adha di Mulya Sari

Seperti yang kita ketahui, bahwa peristiwa G30SPKI merupakan peristiwa kelam yang pernah terjadi di Indonesia. Dimana insiden ini merupakan usaha PKI untuk mengubur ideologi Pancasila menjadi ideologi Komunis,” katanya.

Kemudian, lanjut Sururi, peringatan ini penting digelar, selain menanamkan wawasan Pancasila sebagai dasar negara juga untuk mengingatkan sejarah kelam Indonesia tersebut kepada para murid atau pelajar SMA N 01 Simpang Pematang khususnya dan seluruh pelajar se-Kabupaten Mesuji pada umumnya.

Baca Juga:  Wabup Mesuji Terima Kunjungan Reses DPRD Provinsi Lampung Dapil VI

Untuk itu, dia berpesan kepada para siswa – siswi agar lebih memahami butir – butir Pancasila sebagai dasar negara dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari. selain itu, juga diingatkan bahwa jangan sampai mudah terpengaruh oleh faham radikal, seperti PKI dan faham – faham lainnya yang bisa merusak dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. (rls/san)

 152 kali dilihat