Verifikasi Tim Kecamatan, 9 Tempat BAB di Desa Kuta Agung Dibongkar

KODIM CILACAP

Cilacap – Babinsa Kuta Agung Koramil 17/Dayeuhluhur Sertu Orbani bersama Bhabinkamtibmas Aiptu T. Wahyu K. dan Kasi Trantib Kecamatan Sugiantoro S,IP, melaksanakan kegiatan pendampingan ODF (Open Defecation free) Tim Verifikasi Kecamatan Dayeuhluhur saat meninjau jamban warga Desa Kuta Agung, Senin (17/1/22).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program ODF yang bertujuan untuk menghilangkan kebiasaan buang air besar sembarangan dan meningkatkan kualitas sanitasi, supaya angka penyakit berbasis lingkungan seperti diare dapat berkurang, buang air besar sembarangan termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat.

Baca Juga:  Pemcam Kroya Lantik Perangkat Desa Gentasari, Ini Pesan Danramil

Terkait kegiatan ini, Babinsa Sertu Orbani mengatakan bahwa setelah di adakan Verifikasi oleh Tim Kecamatan, ada 9 tempat BAB yang belum sesuai program Pemerintah dan selanjutnya di tertibkan, di bongkar dan hal ini oleh pihak desa agar ditindaklanjuti untuk mencapai program ODF yang sehat. 

“Tidak hanya desa, kita sebagai Babinsa pun turut serta bertanggung jawab untuk ikut serta mensukseskan program pemerintah terutama dalam menjadikan wilayah Kabupaten Cilacap menjadi wilayah bebas ODF. Itu menjadi tugas kita semuanya untuk mewujudkannya,” kata Sertu Orbani.

Baca Juga:  Pasiops : TNI Jajaran Kodim 0703/Cilacap Akan Terus Mengawal Penerapan PPKM di Wilayahnya

Kita berharap melalui kegiatan ini, warga terketuk hatinya untuk membiasakan pola hidup sehat dengan tidak membuang BAB sembarangan atau memakai jamban yang tidak sesuai aturan program pemerintah. Dan bagi mereka yang masih ada jamban yang tidak layak, kita bongkar dan kita tertibkan,” harapnya.

(Urip/17)

 505 kali dilihat