Sat Pol PP Muba menjadi mentor pelatihan Damkar di Lapas kelas II B Sekayu

MUSI BANYUASIN (MUBA)

Muba, lampungvisual.com-
Kasat Pol PP Haryadi SE MSi menugaskan Kabid Pemadam Kebakaran Yusri Ali Amin SSos MSi didampingi Kasi Pencegahan Ismad Inani SE, serta ASN Pemadam Kebakaran dan Tim Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Musi Banyuasin untuk menjadi narasumber dan mentor pada Pelatihan dan Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran Bagi Petugas Pemasyarakatan di Lingkungan Lapas Kelas II B Sekayu, kemarin Jum’at (17/09).

Kegiatan pelatihan dan sosialisasi ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada para petugas pemasyarakatan dalam melakukan tindakan pencegahan kebakaran sesuai prosedur, serta mengasah mental mereka tentang cara menangani api yang terjadi akibat kebocoran gas, dan tata cara evakuasi yang benar jika terjadi kebakaran agar tidak keracunan akibat terlalu banyak menghirup gas karbon monoksida atau CO.

Baca Juga:  Muba PPKM Level III, Sejumlah Aturan Diperlonggar Dengan Prokes Ketat

Dalam pelaksanaan kegiatan ini sendiri para petugas pemasyarakatan melakukan uji coba memadamkan api satu persatu, hingga percobaan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang baik dan penggunaan APAR yang cocok digunakan apakah harus memakai APAR yang berisi Powder atau Foam berdasarkan lingkungan dan jenis kebakaran.

Setelah dilakukan pelatihan dan sosialisasi Petugas Pemasyarakatan pada Lapas Kelas II B Kecamatan Sekayu dapat dengan baik mendemonstrasikan langkah langkah pencegahan kebakaran, dan diharapkan kejadian kebakaran seperti yang terjadi pada lapas Tangerang tidak terjadi di Lapas Kelas II B Kecamatan Sekayu.

Baca Juga:  Sehari, Bupati Dodi Isi Kuliah Umum di Dua Tempat

Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Musi Banyuasin sendiri memberikan beberapa saran dan masukan terkait penanganan pencegahan kebakaran untuk Lapas Kelas II B Sekayu agar menyediakan Hydrant, serta pemasangan Sprinkle atau alarm pencegahan kebakaran, sehingga kejadian kebakaran dan dicegah semaksimal mungkin. Dilansir : Humas Sat Pol PP Muba
Penulis : Billy Irawan Noranza

 145 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tagged