Sebaiknya Bukan Dengan Semir, Ini Cara Merawat Ban Motor

OTOMOTIF

Lampung Selatan –
Anda mungkin salah satu dari sekian banyak pengendara motor yang jadi langganan tempat cuci motor. Setelah motor kesayanan dicuci, tak jarang bannya diberi semir. Setelah disemir, ban memang terkesan jauh lebih bersih dan mengkilap.

Namun ternyata, tahukah Anda, kalau keseringan disemir, ban jadi lebih cepat kehilangan kelenturan alias daya elastisitas. Jadi, bagaimana sebaiknya merawat ban motor tanpa menyemirnya?

Rekomendasi Perawatan Ban Motor
Pada dasarnya, Anda hanya harus selalu menjaga kebersihan ban motor sebagai langkah perawatan.

1. Cuci dengan air bersih
Percaya ga, Anda sebenarnya sudah bisa melenyapkan kotoran dari ban motor dengan menyiramnya saja dengan air bersih. Namun akan lebih baik apabila ban motor dibersihkan memakai air dari selang bertekanan tinggi. Jadi, kotoran yang menyelip di sela-sela ban pun dapat ikut terangkat.

Baca Juga:  Komponen Motor Yang Harus Diganti Secara Berkala

2. Sikat ban hingga bersih
Sembari mencuci dengan air bersih, sikap ban hingga ke sela-selanya. Langkah ini penting untuk memastikan tidak ada kerikil yang tertinggal di sana. Jika perlu, Anda bisa memakai sikat gigi bekas untuk menjangkau area-area kecil di ban.

3. Coba bersihkan ban dengan minuman bersoda
Selain dengan shampo motor, Anda juga bisa mencoba menggunakan minuman bersoda untuk membersihkan ban motor. Caranya cukup mudah. Tuangkan minuman bersoda ke permukaan ban dan biarkan hingga kering. Selanjutnya, bersiaplah melihat ban motor kembali menghitam, bahkan tanpa disemir.

Baca Juga:  Tunas Honda Tanjung Bintang Promo Diskon Program RO-TI untuk Pembelian Honda Vario 125 Series

4. Pakai silikon murni
Tak hanya shampo motor dan minuman bersoda, silikon murni pun bisa dipakai untuk membersihkan ban motor. Anda bisa membelinya di toko bahan kimia. Penggunaan silikon murni ini akan memberikan hasil lebih bagus, karena mampu memberikan kelembapan pada ban motor. Dengan begitu, ban bisa berfungsi dengan lebih baik.

Yang juga penting untuk diingat selain keempat cara memberihkan ban motor di atas, sebisa mungkin setelah mencucinya, keringkan ban secara manual memakai lap. Jangan pernah menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Sebab, meletakkan motor di paparan terik matahari malah akan membuat ban motor menjadi keras. Tambah Ardi – Mekanik Ahass TDM Honda Sidomulyo

 130 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tagged