Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan memimpin Rapat Koordinasi Kesiapan Menjelang Bulan Ramadhan

WAY KANAN

Way Kanan, (LV) Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP memimpin Rapat Koordinasi Kesiapan Menjelang Bulan Ramadhan Tahun 2022 di Ruang Rapat Utama Pemda Way Kanan, Jum’at (11/03/2022).

Hadir Waka Polres Way Kanan, Pasi Ops Kodim 0427/Wk, kepala/unsur Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Tanaman Pangan, Holtikulturan dan Peternakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Bagian Perekonomian dan Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kab serta Badan Pusat Statistik Kabupaten Way Kanan.

Sekda Saipul mengatakan melakukan sosialisasi terkait kesiapan menjelang Bulan Suci Ramadhan 1443 H Tahun 2022 di Kabupaten Way Kanan. Dengan permasalahan pokok yaitu Harga kebutuhan pokok pangan mengalami kenaikan yang dapat mengakibatkan ketidakseimbangan antara Pasokan (Suplay) dan Permintaan (Demand).

“,Untuk Kebutuhan Minyak Goreng di Kabupaten Way Kanan, berdasarkan jumlah penduduk adalah 463.241 Liter/Bulan atau 463,24 ton/bulan,upaya yang telah dilakukan yaitu Melakukan pemantauan atas ketersediaan dan penerapan HET Minyak Goreng di Gerai ritel modern dan Pasar tradisional di Kabupaten Way Kanan",ujar Sekda Saipul.

Selain itu, Pemda bersama Dinas dan pihak-pihak terkait juga melakukan koordinasi lintas sektor dengan tugas meliputi Monitoring harga eceran secara berkala pada pasar tradisional dan ritel, Sidak Pasar menjelang dan selama Ramadhan, Operasi Pasar untuk komoditi yang mengalami kenaikan harga secara signifikan serta Pasar Murah bersubsidi bahan pokok yang dilakukan oleh Dinas Indag, Dinas Koperasi dan UKM serta Bagian Perekonomian Setdakab. Untuk Dinas TPHP, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perkebunan untuk memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok komoditi pertanian dan peternakan yang meliputi beras, cabai, telur ayam, daging ayam, daging sapi, bawang merah dan bawang putih. (*/fikri)