Sertu M. Nasir Memberikan Kiat - Kiat Merawat Tanaman Rumput Gajah

ACEH BARAT

Aceh Barat, (LV) Peduli terhadap warga binaannya, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Posramil 06/Bubon Kodim 0105/Abar Serka M. Nasir turun ke wilayah guna membantu merawat dan penyiangan gulma liar pada tanaman Rumput Gajah milik Petani yang ada di Desa Alue Lhok Kecamatan Bubon, Kamis (10/2/2022)

Rumput Gajah merupakan pakan ternak yang sudah familiar di Aceh. Di Desa Alue Lhok sendiri, biasanya Rumput Gajah dimanfaatkan pada hari besar islam maupun perayaan lainnya. Seperti Lebaran, Maulid ataupun pesta kenduri, Rumput Gajah menjadi alternatif yang tidak harus bersusah payah mencari pakan ternak lagi.

Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Serka M. Nasir yakni sekaligus membantu membersihkan gulma dan rumput liar di atas lahan seperempat hektar ini diketahui milik Bapak Nurmin, yang mana Rumput Gajahnya telah mengunjak usia 2 pekan.

Di sela-sela kegiatan nya, Serka M. Nasir menuturkan, pembersihan rumput liar atau gulma pada tanaman Rumput Gajah ini merupakan bagian dari tahapan perawatan tanaman. Sebab, keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman Rumput Gajah terlebih pada masa proses pertumbuhan.

"Jika ingin lebih subur, maka gulma yang ada disekitar tanaman harus dibersihkan. Selain sebagai pengganggu, gulma juga menjadi pesaing ketat dalam mendapatkan unsur hara. Selain itu, Petani juga harus memperhatikan pasokan volume air mencukupi. Jika tidak ada hujan, maka lakukan penyiraman secara manual", terang Babinsa

Masih tutur Babinsa, pembersihan gulma dapat dilakukan melalui penyiangan secara berkala, baik manual maupun semi mekanik. Bisa juga dengan penyemprotan menggunakan Herbisida tertentu yang sudah direkomendasikan oleh PPL atau BPP Dinas Pertanian agar tidak menyalahi dosisnya.

“Gulma ini harus dibasmi, bila tidak akan mengakibatkan tanaman kekurangan unsur hara, air dan cahaya bahkan menghambat perkembangan anakkan tanamanpun bisa berukuran mini. Di sini pentingnya perawatan dan pemantauan tanaman Rumput Gajah guna mendeteksi lebih awal apabila ada gulma ataupun tanaman yang sakit sehingga bisa dengan segera diatasi,” tandas Babinsa. (*)