Sinergi dengan Pemkab, Kodim Bojonegoro dan Koramil Jajaran Tanam Cabai Secara Serentak

Sinergi dengan Pemkab, Kodim Bojonegoro dan Koramil Jajaran Tanam Cabai Secara Serentak
JAWA TIMUR

BOJONEGORO,(LV)

Sebagai upaya mendukung serta mensukseskan program yang dicanangkan oleh pemerintah dibidang ketahanan pangan, Kodim 0813 Bojonegoro bersama 24 Koramil dan 4 Posramil jajarannya serentak melaksanakan tanam cabai dengan memanfaatkan lahan kosong atau pekaranganya, Selasa (1/11/2022).

Tanam cabai secara serentak dilaksanakan bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen bersama dalam upaya menjaga ketahanan pangan.

Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, mengungkapkan, penanaman sebanyak 8.050 bibit cabai yang terdiri dari 3.000 bibit cabai merah besar dan 5.050 bibit cabai rawit adalah bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro serta penanamanya dengan mengoptimalkan lahan kosong atau pekarangan masing-masing Koramil dan Posramil.

Baca Juga:  Antrean Tertib, Satgas TMMD Bojonegoro Turut Mendampingi Warga

Kegiatan dilakukan juga untuk memotivasi masyarakat diwilayah teritorial untuk mandiri pangan. Dengan harapan masyarakat juga bisa memanfaatkan potensi lokal dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan disekitar rumahnya.

“Hari ini kita laksanakan tanam cabai secara serentak di Desa Sumberarum Dander, sedangkan besok di Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk,” kata Kapten Inf Surahmat.

Ditempat yang sama, Danramil 0813-05/Dander Kapten Inf Abdul Karim Zalukhu, mengatakan, untuk penanaman bibit cabai ini pihaknya melakukan pengolahan tanah dalam polybag dengan pola organik. Menurutnya, penanaman cabai di dalam pot atau polybag relatif lebih mudah dilakukan, karena tanaman cabai tersebut bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Baca Juga:  Penjual Sayur Desa Ngepoh Meraup Berkah Saat TMMD 108 Dimulai

“Salah satu tanaman yang cocok untuk ditanam di pekarangan rumah atau adalah jenis cabai. Cabai ini sangat cocok untuk ditanam di iklim tropis,” ujarnya.

Kabid Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Imam Nurhamid, turut mengapresiasi atas kolaborasi antara Kodim 0813 dan Pemkab Bojonegoro untuk menjaga ketahanan pangan.

“Kami sangat mendukung sekali kegiatan ini, karena pertanian merupakan sektor strategis yang berperan dalam penguatan ketahanan ekonomi, juga peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(*)

 94 kali dilihat