Jelang Idul Fitri 2022, Stok Ketersediaan Daging Sapi Aman

Jelang Idul Fitri 2022, Stok Ketersediaan Daging Sapi Aman
LAMPUNG TENGAH

Jelang Idul Fitri 2022, Stok Ketersediaan Daging Sapi Aman
Lampung Tengah, lampungvisual.com –
Tingginya kebutuhan konsumsi daging sapi pada momen Idul Fitri 2022 ini, tidak menjadi permasalahan berarti khususnya bagi Provinsi Lampung, dikarenakan stok ketersediaan sapi potong dalam kondisi surplus.

Hal tersebut terungkap saat Tim Monitoring & Evaluasi (Monev) dari Ditjen Peternakan & Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian RI, Dinas Peternakan Lampung dan Perwakilan Balai Veteriner Lampung saat berkunjung ke sejumlah feedloter di Lampung Tengah, sabtu (30/4).

Jelang Idul Fitri 2022, Stok Ketersediaan Daging Sapi Aman

Kepala Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan Lampung, Ir. Lili Mawarti, M.Si disela kunjungan mendampingi Direktur Pengolahan & Pemasaran Hasil Peternakan Ditjen PKH, mengatakan Monev dilaksanakan secara real time selama ramadhan hingga H-1 – H+3 Idul Fitri sesuai arahan Menteri Pertanian.

Baca Juga:  Tahun Depan Loekman Naikkan Insentif Linmas

“Hingga H-2 Idul Fitri ini, pemantauan ketersediaan stok sapi potong dilakukan untuk menjaga pasokan dan distribusi, dan Alhamdulillah untuk stok sapi potong yang ada di Lampung, mampu memenuhi kebutuhan dan surplus untuk memasok ke luar Lampung.” Ujar Lili.

Lili menambahkan, dari hasil pemantauan yang dilakukan di 2 feedloter Lampung yakni PT. Karunia Alam Sentosa Abadi (KASA) di Kecamatan Bekri, diketahui populasi sapi potong tersedia 2.993 ekor dan siap jual 580 ekor.

Jelang Idul Fitri 2022, Stok Ketersediaan Daging Sapi Aman

Sementara untuk Populasi sapi potong di PT. Indo Prima Beef di Kecamatan Terbanggi Besar, tersedia sebanyak 1.800 ekor dengan jumlah 277 ekor siap jual.

“Itu data baru dari 2 feedlot sementara di provinsi lampung terdapat 10 Feedlot, hingga hari ini kami juga terus melakukan pemantauan, agar pasokan & distribusi sapi siap potong ke luar pulau, berjalan lancar tanpa kendala seperti tahun-tahun sebelumnya, karena memang Lampung merupakan sentra produsen ternak sapi potong di Indonesia.” Imbuh Lili.

Baca Juga:  Lapas Gunung Sugih Dapat Kunjungan Dari Staf Ahli Menkumham

Mewakili Dirjen PKH Kementan RI, Direktur Pengolahan & Pemasaran Hasil Peternakan, Tri Melasari, S.Pt, M.Si, menyatakan ketersediaan daging sapi/ kerbau secara nasional cukup hingga bulan Mei 2022 mendatang.

“Seperti disampaikan Bapak Nasrullah Dirjen PKH, dari hasil pendataan verifikasi ketersediaan daging sapi/ kerbau, hingga Mei 2022 tersedia sebanyak 334,81 ton, surplus 25,67 ton dari total kebutuhan 309,14 ton. Artinya secara nasional untuk kebutuhan momen Idul Fitri 2022 dipastikan aman.” Ujar Mela.

Mela menambahkan, selain sapi siap potong, pemerintah juga berupaya menyediakan alternatif bagi masyarakat berupa daging sapi dan kerbau beku dengan harga terjangkau.

Baca Juga:  Kembali Polsek Kalirejo Tangkap Penyalahgunaan Narkoba

“Untuk masyarakat Jabodetabek dapat membeli daging sapi dan kerbau beku yang tersebar di 54 outlet, informasi aksesnya bisa dilihat di medsos Ditjen PKH Kementan.” Tutup Mela yang juga didampingi drh. Tri Guntoro, MP dari Balai Veteriner Lampung. (Dra)

Youtube:Lampungvisual.com

 213 kali dilihat