Sudin Pimpin Aksi PDI Perjuangan Lampung Tanam 1000 Mangrove, Serahkan Dana KBR 100 Juta

LAMPUNG SELATAN

LAMPUNG SELATAN- Masih dalam situasi zahir batin peringatan HUT ke-49 Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang pada tahun ini bertema Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya.

Maka demi tegak lurus pada instruksi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dari itu jajaran pengurus, kader, anggota, dan simpatisan parpol pemegang rekor dua kali menang pemilu legislatif berturut-turut 2014 dan 2019 ini terus menggencarkan dua program khusus: penanganan, pemulihan total dampak pandemi global COVID-19, dan rehabilitasi lingkungan hidup, sejak Januari lalu hingga Mei 2022 mendatang.

Pun di Lampung. Memanfaatkan momen akhir pekan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Lampung melangsungkan kegiatan prolingkungan berupa penanaman sebanyak 1.000 batang pohon penghijauan jenis bakau atau mangrove, dipusatkan di bilangan Pantai Ketapang, Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, pada Sabtu 26 Februari 2022.

Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung juga anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat/Dewan Perwakilan Rakyat (MPR/DPR) RI daerah pemilihan Lampung I sekaligus Ketua Komisi IV DPR, Sudin, memimpin agenda tematik sekaligus simpatik tersebut. Seribu batang bibit bakau tenang tertancap di luasan lima hektare, area target kegiatan.

Di lokasi, Sudin juga sekaligus membarengi dengan menyerahkan secara langsung dana program rutin tahunan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa bantuan Kebun Bibit Rakyat (KBR) senilai Rp100 juta kepada perwakilan petani kelompok di Lampung Selatan.

Notabene serupa kegiatan HUT ke-48 PDI Perjuangan tahun lalu, politisi legislator yang dikenal vokal dan suka blak-blakan ini mendalihkan hal tersebut karena di hampir seluruh kawasan pantai dan pesisir perairan Indonesia ini, kondisi mangrovenya rusak.

"Sebab itu, mangrove harus terus ditanam!" lugas Sudin. Sejauh ini, terdapat 200-300 petani kelompok penerima program KBR di Lampung, telah menerimanya.

Sudin didampingi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Lampung Selatan yang juga bupati setempat Nanang Ermanto, pengurus DPD PDI Perjuangan Lampung, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Lampung Aprilliati dan para anggota, pengurus DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan, kader-simpatisan partai, kelompok petani dan nelayan, serta warga sekitar.

Hari ini, 26 Februari 2022, Pantai Ketapang, Lampung Selatan, sejurus beberapa jam, memerah nyala warna khas PDI Perjuangan.

Kelak, saat pohon khas bernama ilmiah Rhizophora apiculata sebagai tumbuhan pengikat tanah yang butuh enam bulan untuk jadi benih layak tanam panjang 20 cm berdaun dua pasang, telah berubah jadi mangrove yang sanggup menahan hempas gelombang laut sedikitnya 5 tahun akan datang, semoga ia pun kembali menghijau. [red/Muzzamil]