Tapis Evolution: Upaya lestarikan warisan budaya Lampung yang bernilai

BANDAR LAMPUNG

Lampungvisual.com-Lampung-Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo melalui kegiatan Tapis Evolution, berharap dapat menjadi momentum bagi peningkatan industri kreatif dan pariwisata Lampung. Hal ini disampaikan ketika membuka acara tersebut pada sabtu malam (25/2) di lapangan korpri Bandar Lampung.

Selain menjaga warisan budaya Lampung, gelaran Tapis Evolution seperti ini dapat menjadi daya ungkit perekonomian untuk mewujudkan Lampung yang maju dan sejahtera. “Harus dipahami, bahwa masalah bahasa dan adat istiadat kita, sudah menjadi catatan nasional sebagai salah satu yang terancam punah oleh perkembangan zaman. Kalau warisan budaya ini tidak kita jaga maka makin lama akan makin habis. Selain itu industri kreatif Tapis dapat mengangkat kelompok masyarakat, membuka lapangan kerja dan bisa menjadi daya tarik tambahan destinasi wisata di Provinsi Lampung” ujar Ridho.

Baca Juga:  Tribun Lampung dan Tegar TV, Terima Donasi Buka Puasa PBL Lampung

Seperti dilansir melayuonline.com Tapis lampung memiliki nilai sakral karena dipakai ketika acara adat dan keagamaan. Kemudian memiliki nilai sejarah dan pemahaman alam yang tertuang ke dalam berbagai motif. Serta memiliki nilai kreatifitas dan ekonomi yang dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat. Kegiatan Tapis Evolution ini digelar oleh Dinas Koperasi Provinsi Lampung bekerja sama dengan Lampung Segalow.Didampingi Wagub Bachtiar Basri dan anggota Forkopimda Provinsi Lampung, rombongan berkeliling ke sejumlah stand untuk mengapresiasi beragam karya Tapis dari pengrajin. (Foto: Gede/Tim/LV)

 487 kali dilihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.