Tingkatkan Kemampuan Babinsa, Kodim 0813 Bojonegoro Selenggarakan Binsiap Apwil dan Puanter

Tingkatkan Kemampuan Babinsa, Kodim 0813 Bojonegoro Selenggarakan Binsiap Apwil dan Puanter
JAWA TIMUR

BOJONEGORO,(LV) Guna meningkatkan kemampuan dan kesiapan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam melaksanakan tugas pembinaan dan pemberdayaan wilayah. Kodim 0813 Bojonegoro menyelenggarakan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) di gedung Ahmad Yani Makodim setempat. Rabu (21/09/2022).

Dalam sambutanya, Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro yang dibacakan Kasdim Mayor Ing I Putu Gede Widarta mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan bertujuan agar aparat komando kewilayahan menguasai pengetahuan yang terkandung dalam materi Binsiap Apwil dan Puanter agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas. Binter tingkat perorangan maupun satuan.

"Hal tersebut agar dipahami oleh setiap Babinsa sebagai pedoman dilapangan khususnya peran TNI AD sesuai amanat Undang-undang bahwa Angkatan Darat mempuyai tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial," ungkapnya.

Hadir sebagai nara sumber dalam kegiatan ini, para Danramil juga dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, Deni Ike Irmayanti memaparkan tentang budaya dan adat istiadat yang ada di Bojonegoro yang perlu dijaga dan dilestarikan sebagai warisan kebiasaan atau tradisi yang dilakukan oleh masyarakat terdahulu.

"Di wilayah Bojonegoro ada beberapa kebudayaan seperti budaya samin di Kecamatan Margomulyo, seni musik oklik dan juga sandur," paparnya.

Untuk itu dirinya berharap, kepada unsur Babinsa yang bertugas diwilayah agar memahami dan mengetahui kebudayaan yang ada di wilayah binaan dan turut serta melestarikanya.(*)