Tingkatkan Kualitas Penelitian, UniMAP Malaysia–IIB Darmajaya Teken MoA

Tingkatkan Kualitas Penelitian, UniMAP Malaysia–IIB Darmajaya Teken MoA
PENDIDIKAN

MALAYSIA, (LV)
Universiti Malaysia Perlis (UniMAP) bersama Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama/Memorandum of Agreement (MoA) dalam peningkatan kualitas pembelajaran kedua perguruan tinggi itu.

Penandatanganan dilakukan Rektor IIB Darmajaya, diwakili Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., dengan Vice Chancellor UniMAP Prof. Ts. Zaliman Sauli, melalui ruang pertemuan Zoom Online Meeting Conference, Jumat (17/9/2021).

Dalam penandatangan itu juga disaksikan Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M.; Dekan Fakultas Ilmu Komputer Zaidir Jamal, S.T., M.Eng.; Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Dr. Faurani I Santi Singagerda, S.E., M.Sc.; dan tenaga pengajar dari kedua perguruan tinggi. Penandatangan Perjanjian Kerjasama ini diselenggarakan secara bersama oleh Centre for International Engagement UniMAP dan International Office IIB Darmajaya.

Baca Juga:  IIB Darmajaya Gelar Ories Hybrid Selama 5 Hari, Rektor: Selamat Datang Mahasiswa The Best

Prof. Ts Zaliman Sauli dalam sambutannya mengatakan dengan kerja sama ini banyak program dapat dilakukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran baik UniMAP dan IIB Darmajaya. “Kami menyambut baik kerja sama ini untuk mempererat hubungan yang terjalin antara UniMAP dan IIB Darmajaya,” kata dia dalam bahasa Inggris.

Dalam penandatangan ini, lanjut dia, UniMAP dan IIB Darmajaya berkolaborasi dalam proyek penelitian selama satu tahun. Selain itu, dalam mendukung penelitian juga melalui publikasi jurnal Scopus.

“UniMAP mendukung penuh dalam pengembangan sumber daya manusia IIB Darmajaya terkhusus dalam hal expertise, knowledge, dan technological transfer. Sehingga, dapat berpartisipasi penuh dalam penelitian, pelatihan dan pengembangan bagi siswa dan staf; dan untuk berkolaborasi di bidang lain yang saling terkait disepakati dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN di Lampura Komitmen Angkat Potensi Desa

Prof. Ts Zaliman Sauli juga mendukung dengan pelaksanaan 14 mahasiswa S1 IIB Darmajaya yang mendaftar di Program Mobilitas Transfer Kredit Internasional satu semester yang akan ditawarkan secara virtual oleh Fakultas Teknik Elektronika Teknologi dan Fakultas Ilmu Terapan dan Manusia UniMAP pada Oktober 2021.

“Penawaran program tersebut akan dibuat lebih banyak untuk melanjutkan kemitraan ini dan Insya Allah kita semua akan memperkuat kemitraan ini dengan membuat banyak program di masa yang akan datang,” tuturnya.

Sementara, Wakil Rektor 1 IIB Darmajaya RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk melakukan kerja sama antara IIB Darmajaya dan UniMAP. “Kami berharap kerja sama yang selama ini terjalin semakin erat dalam peningkatan kualitas dan kompetensi kedua perguruan tinggi,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan penandatanganan ini juga dapat menjalin kerja sama mulai dari penelitian, pertukaran mahasiswa hingga menggelar kegiatan seminar internasional. “Sebagai perwujudan visi dan misi IIB Darmajaya menjadi kampus internasional dan mendukung kualitas lulusan yang memiliki kemampuan dibidangnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Wakaf umMART IIB Darmajaya Resmi Beroperasi

Abdul Aziz berharap usai penandatangan kerja sama dapat segera diimplementasikan. ”Penelitian dosen menjadi salah satu tridarma perguruan tinggi dan sesuai dengan visi dari IIB Darmajaya menjadi perguruan tinggi unggul berbasis riset dan teknologi,” ungkapnya. (**)

 71 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tagged