Ukur Kemampuan Prajuritnya, Kodim Boyolali Laksanakan Samapta Periodik II

Ukur Kemampuan Prajuritnya, Kodim Boyolali Laksanakan Samapta Periodik II
JAWA TENGAH

Boyolali–

Prajurit Kodim 0724/Boyolali melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik Semester II TA 2022 yang diselenggarakan di Lapangan Atletik Desa Mojosongo Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Kamis ( 20/10/22)

Tes Samapta ini merupakan program rutin dari komando atas, dengan tujuan untuk mengecek serta meningkatkan kemampuan fisik para prajurit TNI AD khususnya Kodim 0724/Boyolali, sehingga dalam menjalankan tugas pokoknya bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.

Pelaksanaan Samapta ini, meliputi Samapta A dan B. Samapta A yakni lari 12 Menit yang dilaksanakan di Track Lari dan tes kesegaran B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges dan Shuttle Run di Lapangan Atletik Mojosongo serta Renang Militer bertempat di Kolam Renang Group 2 Kopasus

Baca Juga:  Satgas TMMD Reguler 109 Belajar Menbuat Batako Secara Manual

Dalam pelaksanaan kegiatan kesamaptaan tersebut, personel terlebih dahulu dicek tensi dan kesehatannya oleh Tim Kesehatan dari Polkes Kartika 24 Kodim Boyolali yang di pimpin oleh Dr. Adistia dilanjutkan dengan pengisian blangko Samapta.

Sebelum pelaksanaan samapta, Pasi -3/Pers Kapten Inf Toni Hidayanto selaku Koordinator materi memberikan pengarahan singkat kepada peserta semapta, ia mengatakan bahwa, pelaksanaan Samapta Periodik Semester II ini agar benar-benar memperhatikan faktor keamanan, sehingga pelaksanaan Samapta tersebut dapat berjalan aman dan lancar.

Baca Juga:  Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Sertu Hidayat Pantau Prokes Di Pasar Gede

Dandim 0724/Boyolali Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A. mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kemampuan Fisik serta mengukur kemampuan para personel, dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD terutama di wilayah Kodim 0724/Boyolali”, kata Dandim.

Tes Kesegaran Jasmani ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD khususnya prajurit Kodim 0724/Boyolali dan sangat menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan usul kenaikan pangkat, maupun sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, serta program lainya. Untuk itu, apabila ada waktu kegiatan pembinaan fisik harus dilatihkan secara teratur dan berjenjang”, ujar Dandim.

Baca Juga:  Satgas TMMD Sediakan Internet Gratis untuk Siswa Sekolah di Jatiwarno

Dandim menekankan kepada seluruh anggota yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar melaksanakan dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan diri sendiri, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, tutup Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A.

(Agus Kemplu)

 68 kali dilihat