Untuk Memutus Mata Rantai Birokrasi Yang Menjadi Keluhan, Mustafa Bentuk SIkam

LAMPUNG TENGAH

Lampung Tengah,lampung Visual.com-Pemkab Lampung Tengah menggandeng perguruan tinggi Darmajaya Lampung untuk membangun pemerintahan yang berbasis elektronik yang ditandai dengan penandatanganan kerjasama oleh Bupati Mustafa dan Rektor Darmajaya Firmansyah di kampus setempat, Kamis, 06/4/2017.

Dalam sambutannya Mustafa menuturkan SIKam SmartNetizen dicanangkan untuk membantu dan mempermudah pemerintah desa di kabupaten Lampung Tengah dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat, tepat dan akurat. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam menyelenggarakan administrasi pemerintahan desa yang baik,“Melalui SIKam Smart Netizen, kami ingin memutuskan rantai birokrasi pelayanan yang selama ini menjadi keluhan masyarakat. Dengan pelayanan berbasis IT juga diharapkan menghapus pungli dan proses pelayanan bisa menjadi lebih cepat dan akurat.” ungkapnya.

Baca Juga:  Perpisahan siswa SMAN 1 Gunung Sugih Diwarnai Suasana Haru

Program tersebut digulirkan menggunakan menggunakan alokasi dana kampung (ADK) sebesar Rp 10 juta per kampung. Selain system pelayanan admnistrasi, juga akan dibangun sistem informasi desa. Disini  segala informasi terkait desa mulai dari potensi dapat diakses oleh masyarakat luas.

Melalui SiKAM SmartNetizen diharapkan akan semakin mengenalkan Lampung Tengah lebih luas, khususnya segala potensi yang ada. Untuk implementasinya, dijelaskan Mustafa akan diimbangi dengan pengadaan SDM yang memahami IT,“Akan kita rekrut tenaga IT nya. Kita akan bangun village branding. Kita akan eksplorasi Lampung Tengah seluas-luasnya. Masyarakat luar yang ingin mengakses informasi apapun terkait Lampung Tengah tinggal klik.” imbuh Mustafa.

Baca Juga:  Raden Zugiri Apresiasi Kinerja Mustafa Membangun Lampung Tengah

Sementara itu Direktur DJ Corporation Davit Kurniawan memaparkan program Smart Netizen dilengkapi aplikasi ronda yang memuat banyak konten untuk memudahkan aktivitas ronda di Lampung Tengah. “Ada fasilitas chat untuk memudahkan diskusi antar warga termasuk langsung dengan bupati. Didalamnya juga memuat database seluruh informasi di Lampung Tengah, mulai dari demografi penduduk, tempat fasilitas umum, wilayah dan konten lainnya yang semuanya terintegrasi satu sama lain,” jelasnya.

Penandatangan kerjasama dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Bupati Mustafa dengan tema “Sikap dan Sifat Leadership, Tantangan Enterpreneur Muda dalam Menghadapi MEA”. Dalam kuliah umum tersebut, Mustafa memotivasi mahasiswa untuk tidak terpaku dengan ilmu teori tetapi juga banyak terjun di lapangan. Pada kesempatan itu Bupati Mustafa juga memberikan beasiswa kepada 10 mahasiswa Darmajaya asal Lampung Tengah. (Iswan)

 516 kali dilihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.