Usai Audiensi Bersama Bupati Lampung Selatan Akademisi ITERA Langsung Kunjungi Kebun Eduksi

Usai Audiensi Bersama Bupati Lampung Selatan Akademisi ITERA Langsung Kunjungi Kebun Eduksi
LAMPUNG SELATAN

LAMPUNG SELATAN- Usai melakukan audiensi bersama Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, pihak akademisi Institusi Teknologi Sumatera (ITERA) berkesempatan untuk berkunjung ke Kebun Edukasi yang terletak di Belakang Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan, Senin (05/09/2022). Didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lampung Selatan M.Sefri Masdiana, Feerzet Achmad, pengelola KKN ITERA mengatakan, sangat terpukau dengan Kebun Edukasi yang di rancang sangat edukatif sehingga memungkinkan banyak siswa/mahasiswa yang berkunjung merasakan manfaatnya.

“Ini idenya sangat brilian sekali ya pak, bisa menjadikan 1 lokasi tempat wisata namun juga ada sisi edukatif sehingga pengunjung yang datang tidak hanya sekedar berkunjung, tetapi dapat menikmati keindahan dan keasrian sambil belajar untuk para putra/putri mereka,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lampung Selatan, M.Sefri Masdiana juga menjelaskan bahwasanya kebun edukasi tersebut mulai digarap pada Maret 2020 lalu ditengah pandemi covid-19. Sebelumnya, kebun edukasi merupakan lahan tidur yang berisikan semak belukar. “Kebun edukasi ini merupakan ide dari pak Bupati dengan memanfaatkan lahan tidur seluas 2,5 ha, disulap menjadi seperti ini,” jelas Sefri. “kebun edukasi ini juga dilengkapi dengan berbagai macam tanaman seperti alpukat, sirsak, durian serta terdapat kolam ikan, kandang burung dan lainnya. Ada juga tanaman obat keluarga (toga), serta banyak spot foto yang instagramebel sekali seperti lorong cinta, gunung Rajabasa, taman bunga dan pemandangan hasil karya lomba mural milik siswa/siswi se-kabupaten Lampung Selatan, “tambah Sefri.

Perjalanan pun berlanjut untuk mengunjungi Perpustakaan Kebun Edukasi yang juga berada di lingkungan Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan. Kedatangan pihak akademisi Institusi Teknologi Sumatera (ITERA) disambut hangat Abdul Kohar yang menjabat sebagai Pustakawan Muda di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lampung Selatan.

Abdul Kohar menjelaskan, keberadaan perpustakaan ini sangat penting bagi dunia pendidikan, terutama dalam meningkatkan ilmu pengetahuan melalui buku-buku yang tersedia di ruang perpustakaan, karena dengan gemar membaca inilah yang akan menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. “Perpustakaan Kebun Edukasi ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang agar anak-anak tertarik untuk datang membaca, seperti ruang koleksi buku anak, ruang baca, taman bermain dan membaca bagi anak-anak Usia Dini,” jelasnya.

Selain fasilitas penunjang anak-anak, perpustakaan kebun edukasi juga dilengkapi dengan laboratorium komputer yang sudah terhubung dengan WiFi serta buku-buku yang dapat dipinjam oleh siapa saja. “Jadi komputer disini semua dapat digunakan pak. Banyak mahasiswa/mahasiswi yang juga mengerjakan tugas kuliahnya sambil mencari referensi buku sebagai bahan pendukung tugasnya,” jelas Kohar.

Dikesempatan tersebut, Abdul Kohar juga memberikan buku Biografi Nanang Ermanto yang berjudul “Dari Kuli, Sekuriti, Menjadi Bupati” kepada Feerzet Achmad pengelola KKN ITERA sebagai kenang-kenangan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. “Ini ada buku milik Pak H. Nanang Ermanto, buku yang berisikan kisah hidupnya. Sangat meng-inspirasi bagi generasi muda dan menjadi contoh kehidupan untuk kita yang membacanya,”jelas Abdul Kohar.