Wapres Ma'ruf Ultah ke-79, Banjir Ucapan: Kasetwapres, Menaker, Ketum PKB, Hingga Ketua Hanura Lampung

BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung, (LV) Hari ini, Wakil Presiden Prof. (H.C.) Dr. KH. Ma'ruf Amin, M.A., genap berusia 79 tahun. Abah, sapaan karib dari Wakil Presiden (Wapres) ke-13 Indonesia, putra dari pasangan Mohammad Amin dan Maimoenah yang terlahir dengan nama Ma'ruf al-Karkhi ini, lahir di Kresek, Tangerang, Banten, pada 11 Maret 1943.

Pendamping Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabinet Indonesia Maju tersebut merayakan hari jadinya secara sederhana bersama keluarga, ajudan, Paspampres, dan para staf, ditandai pemotongan nasi tumpeng, di Istana Wapres, Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (11/3/2022).

Dia berharap semoga diberikan Allah SWT keberkahan hidup, umur panjang, banyak keberkahan. "Doa kita itu supaya diberi hidup yang berkah. Bisa saja tidak panjang, tetapi manfaatnya banyak. Lebih bagus lagi kalau dikasih (umur) panjang kemudian juga banyak kebaikannya," takzim Wapres.

Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ke-10 periode 6 Agustus 2015-22 September 2018, dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-7 periode 27 Agustus 2015-27 November 2020 ini lalu mengutip sabda Nabi Muhammad SAW.

Bahwa, sebaik-baik manusia adalah yang umurnya panjang dan baik amalnya. Namun juga sebaliknya, manusia yang celaka itu adalah yang diberi umur panjang tetapi amalnya tidak baik. "Jadi panjang sekali dia membuat kerusakan di muka bumi ini. Itu yang sangat berbahaya," tutur dia.

Kepala Sekretariat Wakil Presiden RI, Prof Dr Ahmad Erani Yustika, menjuntai ekspresi penghormatan sekaligus lukiskan kado digital berupa sebuah sebuah artikel opini yang bernas dan eye catching di satu media massa ternama edisi cetak dan daring edisi hari ini, bertajuk "KMA Dan Tugas Sejarah".

"Telah lama saya mendengar ucapan Napoleon Bonaparte yang disitir banyak orang: A leader is a dealer in hope. Saya bisa memahami ungkapan indah itu, tapi tidak mudah menemukan jejak konkret pada figur yang mewakili kekuatan kata-kata tersebut. Namun, tiga tahun belakangan ini, terlebih setahun terakhir, saya diberi kilatan cahaya yang menerangi arti dari monumen kalimat Bonaparte itu. Figur yang disergap sorot cahaya tersebut tidak lain adalah sosok KH. Ma'ruf Amin (KMA). Makna "a dealer in hope" seperti memantul dari tiap pikiran, ucapan, dan perbuatan. Ketenangan, kedalaman, dan kekuatan batin menjadi sumber utama terciptanya harapan," tulis Facebook-nya.

"Tiap hari tumpukan kitab dan dokumen-dokumen negara dikunyah dengan tekun hingga menjadi pemahaman pribadi, yang kemudian dikonversi menjadi kesadaran publik. Perkara berat bangsa yang datang silih berganti dihadapi dengan posisi terukur: selalu ada jalan keluar dari impitan. Selalu berhasrat kerukunan menjadi simbol negara sehingga setiap potensi pertikaian mesti dicegah selekasnya. Saya nyaris tiap hari menjadi saksi atas aneka tumbuhnya harapan di balik segala kesulitan. Hari ini, KMA ulang tahun yang ke-79. Hanya tulisan ringkas ini yang bisa saya persembahkan sebagai kado. Semoga selalu diberikan kesehatan untuk menunaikan tugas sejarah bangsa, Abah," khatur Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur itu menyertakan pranala artikel.

Ketua Umum Fatayat NU, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang juga Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Dr Ida Fauziah, melalui media sosialnyi turut khaturkan ucapan selamat ulang tahun.

"Mabruk alfa mabruk. Selamat ulang tahun Abah Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin @kyai_marufamin. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, umur yang panjang dan berkah maslahat untuk seluruh warga Indonesia," tulis khaturnyi, pukul 18.48 WIB.

Kepada Wapres Ma'ruf yang tercatat pernah aktif dan menjadi anggota parlemen dari Partai Nahdlatul Ulama medio 1971-1973 kemudian di Partai Persatuan Pembangunan (1973-1998), PKB (1998-2006), dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (2006-2011) ini, Ketua Umum DPP PKB Ahmad Muhaimin Iskandar juga menyampaikan selamat ulang tahun melalui media sosialnya, dan uniknya, menggunakan bahasa Jawa.

"Ngaturaken sugeng ambal warsa dateng Kyai Ma’ruf Amin. Mugi-mugi gusti Allah tansyah maringi kesehatan lan yuswo ingkang berkah. Amiin," ucapnya, pada Jumat malam.

Dari Bumi Ruwa Jurai Lampung, dari hasil penelusuran, ucapan selamat ultah antara lain disampaikan pula oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Lampung, Ali Darmawan.

"Dirgahayu! Selamat Hari Lahir ke-79 tahun Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. (HC) KH. Ma'ruf Amin, M.A. 11 Maret 1943-11 Maret 2022," ujar Ali, didampingi sekretaris, Iman Agus Kartawinata, Jumat.

"Semoga panjang umur, sehat selalu, dan senantiasa Allah Tuhan Yang Maha Esa beri perlindungan zahir batin dalam menjalankan tugas negara mendampingi Presiden Joko Widodo, demi terwujudnya Indonesia Maju," ujar tiga periode anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara ini, mendoakan. [red/Muzzamil]