Waspada Banjir, Babinsa 05/PC Bersama Warga Pantau Sungai Krueng Meureubo Sebagai Langkah Mitigasi Bencana

Waspada Banjir, Babinsa 05/PC Bersama Warga Pantau Sungai Krueng Meureubo Sebagai Langkah Mitigasi Bencana
ACEH BARAT

Aceh Barat - Hujan dengan intensitas cukup tinggi masih terjadi di wilayah Kecamatan Pante Ceureumin dan sekitarnya. Dalam rangka mitigasi untuk mengurangi resiko dan antisipasi banjir, Babinsa Posramil 05/Pante Ceureumen Kodim 0105/Abar Koptu Muhammad Nazir bersama warga turun langsung memonitor debit atau volume air Sungai Krung Meureubo dan Kroscek pemukiman di DAS (Daerah Aliran Sungai), Selasa (30/8/2022).

Kegiatan Monitoring ini penting dilakukan oleh Babinsa, mengingat hujan diprediksi masih akan mengguyur wilayah tersebut. Kroscek fisik ini bertujuan untuk mengetahui situasi dan kondisi Sungai Krung Meureubo secara langsung di lapangan yang merupakan tolak ukur terjadinya banjir apabila curah hujan yang tinggi.

Fenomena cuaca yang masih saja mendung, membuat Babinsa memberi peringatan kepada masyarakat sekitar untuk selalu siaga, waspada dan SIGAB (Sistem lnformasi Gesit Antisipasi Bencana) dalam menghadapi musim penghujan ini.

"Kami memastikan bahwa debit air Sungai memang masih dalam kategori aman. Kendati mengalami peningkatan, namun masih dalam taraf normal. Walapun begitu, Kami tetap himbau masyarakat untuk tetap jaga - jaga. Pasalnya, hujan bisa saja turun sewaktu - waktu", pesan Babinsa

Danposramil 05/PC Pelda Adlin Lubis mengatakan, bahwa sebagai seorang Babinsa harus bisa memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada warga di wilayah binaannya. Layaknya dengan mengantisipasi setiap kemungkinan yang akan terjadi di wilayah seperti halnya yang telah dilakukan oleh Koptu Muhammad Nazir.

"Babinsa jajaran Posramil 05/PC akan terus memantau perkembangan potensi bencana sebagai wujud nyata bukti dan bakti TNI kepada masyarakat. Babinsa di wilayah telah Kita siagakan agar tetap waspada dan selalu siap apabila terjadi bencana dengan segera memberi bantuan terhadap masyarakat untuk mengurangi resiko atau beban penderitaan yang dialami warga. Kami juga menggugah kesadaran masyarakat dan mengharapkan partisipasinya untuk mendengarkan serta mematuhi apa - apa yang sudah diintruksikan oleh Babinsa demi keselamatan bersama", pungkas Danposramil. (LV)