Akibat Cuaca Hujan Tidak Menentu Babinsa Minta Warga Waspada Penyakit DBD

Akibat Cuaca Hujan Tidak Menentu Babinsa Minta Warga Waspada Penyakit DBD
JAWA TENGAH

Sragen,-
Dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat desa binaan, Sertu Trimo Babinsa Ds nganti Koramil 15/Gemolong Kodim 0725/Sragen melaksanakan giat Komsos dengan warga Dk.nganti Rt 2 ds Nganti, Jum’at ( 28/10/2022 )

Menurut Sertu Trimo, Akibat cuaca hujan yang tidak menentu ini kita harus lebih waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD). Penyakit demam berdarah dengue (DBD) ini salah satu masalah kesehatan masyarakat yang penting di Indonesia dan sering menimbulkan suatu kejadian luar biasa dengan kematian yang besar.

Baca Juga:  Kodim 0726/Sukoharjo Gelar Vaksinasi Dosis 2 Astra Zeneca di 3 Lokasi

Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit endemic yang muncul sepanjang tahun terutama pada musim penghujan. Penyakit ini berhubungan dengan keadaan lingkungan dan perilaku masyarakat. Virus demam berdarah dengue dapat ditularkan dari orang sakit ke orang sehat melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

“ Air yang tidak bergerak lebih berbahaya yang akan menimbulkan demam berdarah dengue, harus dikontrol setiap hari supaya tidak terkena penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD ). Penyakit demam berdarah terjadi karena cuaca penghujan, perubahan cuaca, dan curah hujan yang tinggi yang menjadi waktu berkembang biak bagi nyamuk “ucap Babinsa.

Baca Juga:  Penjual Batagor Yang Terbantu Jalan TMMD

Dalam hal ini, kasus demam berdarah dapat dicegah dengan menerapkan 3M plus, yaitu dengan menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas. Lalu, dengan sistem peringatan dini, dan penyuluhan. Tak hanya itu, masyarakat dapat menambahkan obat abate di tempat penampungan air untuk mencegah nyamuk demam berdarah berkembang biak serta gotong royong membersihkan lingkungan.

(Agus Kemplu)

 63 kali dilihat