Apresiasi Peran Pers di Muba, Plt Bupati Beni Hernedi Safari Ramadhan Hingga Tarawih Bersama Wartawan, LSM dan Aktivis

Apresiasi Peran Pers di Muba, Plt Bupati Beni Hernedi Safari Ramadhan Hingga Tarawih Bersama Wartawan, LSM dan Aktivis
MUSI BANYUASIN (MUBA)

Muba, Lampungvisual.com-
Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP mengapresiasi peran pers sebagai pilar keempat penyelenggaraan demokrasi, khususnya dalam membangun Kabupaten Musi Banyuasin.

Hal itu disampaikan Plt Bupati Muba dalam kegiatan Syiar Safari Ramadhan 1443 H atau 2022 M yang menghadirkan unsur wartawan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi massa, dan aktivis, di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate.

Menurutnya pers sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, selain eksekutif, legislatif, dan yudikatif, untuk mengontrol dan menginformasikan kepada masyarakat.

Baca Juga:  Satuan Polisi Pamong Praja Muba Gelar Rutinitas Apel Pagi

“Peran pers tidak bisa kita hindari lagi di era sekarang, pers menjadi pengontrol bagaimana kekuasaan diselenggarakan, termasuk LSM dan para aktivis,” ujarnya dalam kegiatan yang diawali shalat isya dan tarawih berjamaah tersebut.

Ditengah pesatnya perkembangan zaman dan penyebaran informasi yang tak terbatas lanjutnya, pemerintah membutuhkan kehadiran pers dalam menciptakan masyarakat yang sehat dalam mencerna informasi.

Menurut Beni Hernedi, pada era digitalisasi seperti sekarang yang marak dengan informasi media sosial, siapapun bisa menjadi “wartawan, termasuk masyarakat. Tetapi tanpa pengetahuan yang cukup informasi yang disampaikan tidak berpedoman pada kode etik. Hal itu yang menjadi perbedaan dengan wartawan profesional.

Baca Juga:  Wabup Muba Tekankan Kesiapsiagaan Hadapi Karhutlah dan Bencana Alam Tahun 2021

“Dengan medsos siapapun bisa menjadi wartawan, tapi apabila informasi yang disampaikan tidak terverifikasi kebenarannya akan memberikan kegaduhan dan dampak yang negatif untuk masyarakat, disinilah peran jurnalis, untuk memverifikasi informasinya,” ujarnya.

Ketua Umum DMI Muba ini juga mengucapkan terima kasih atas dukungan para dewan pers, aktivis dan penggiat organisasi sipil yang telah memberikan dukungan dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Musi Banyuasin, karena masa jabatan yang saat ini ia emban akan berakhir pada 22 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga:  Kades Terpilih di Kecamatan Sungai Keruh dilantik

“Semoga pertemuan kita hari ini membawa hikmah bagi kita semua, dan kita dapat melakukan aktivitas ibadah sebagaimana dianjurkan Rasulullah di bulan ramadhan,” pungkasnya.
Dilansir : Pemkab Muba
(Ayu Wandira Juniar)

 219 kali dilihat