Bersama PMI dan TAGANA, Satgas TMMD 115 Kodim Bojonegoro Sosialisasikan Sekolah Siaga Bencana

Bersama PMI dan TAGANA, Satgas TMMD 115 Kodim Bojonegoro Sosialisasikan Sekolah Siaga Bencana
JAWA TIMUR

BOJONEGORO, (LV)
Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan kepada anak Sekolah dalam menghadapi terjadinya bencana alam, personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 115 Kodim 0813 Bojonegoro bersama Palang Merah Indonesia (PMI) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Bojonegoro menggelar sosialisasi Sekolah Siaga Bencana Alam, Senin (17/10/2022).

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di SDN Sekaran I, II dan III. Sementara dalam pelaksanaannya, sosialisasi Sekolah Siaga Bencana ini disampaikan oleh Ahmad Fauzi, Dedi Irawan dan Ool Prasetyo dari PMI Kabupaten Bojonegoro dan Tagana.

Menurut Ahmad Fauzi, Relawan PMI kabupaten Bojonegoro yang menjadi Fasilitator kegiatan, bahwa Sekolah Siaga Bencana merupakan salah satu bentuk dahulu dari PMI Kabupaten Bojonegoro. Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk mendukung program non fisik dalam TMMD ke- 115 Kodim 0813 Bojonegoro. Dimana kegiatan ini memang perlu dilakukan di sekolah-sekolah, agar anak-anak sekolah dan guru memiliki kesiapan saat harus menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat datang tanpa diduga.

Baca Juga:  Sebelum Kegiatan, Satgas TMMD Bojonegoro Terapkan Protokol Kesehatan

“Selain memberikan materi, dalam kegiatan edukasi ini para siswa juga diajak bermain terkait ular Tangga kebencanaan,” ujarnya.

Sementara itu Komandan Peleton (Danton) 3 SSK Satgas TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro, mengatakan, bahwa kegiatan edukasi bencana yang dilaksanakan di sekolah ini sangatlah penting untuk anak-anak usia dini. Hal ini dilakukan sebagai salah satu wujud kepedulian bersama, supaya mengerti cara mengatasi terjadinya bencana gempa bumi. Karena kebanyakan korban apabila terjadi bencana korbanya anak-anak.

Baca Juga:  Perbaikan Drainase Program TMMD Bojonegoro Untuk Lancarkan Aliran Air

“Kegiatan ini untuk membangun kesadaran anak-anak sejak usia dini tentang bencana, sekaligus meningkatkan kemampuan untuk menyelamatkan diri dari resiko ancaman bencana. Sehingga, dengan langkah antisipasi siaga bencana ini bisa meminimalisir atau menghindari adanya korban jiwa,” ujar Peltu Mar Agus Triyono.

Kepala SD Negeri Sekaran III, Purwaningsih, menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur atas dilaksanakannya kegiatan pembekalan ilmu pengetahuan tentang siaga bencana alam kepada para siswa. Sehingga nantinya jika terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan anak-anak dapat menanggulanginya. “Kami atas nama wakil dari SD Negeri Sekaran III mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada TNI dari Satgas TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro, mudah-mudahan ilmu yang sudah diberikan oleh TNI dan bapak semua bermanfaat bagi kami para guru khususnya bagi para siswa,” pungkasnya.(*)

 95 kali dilihat