Cegah Meluasnya PMK, Babinsa Pandak Dampingi Penyuntikan Pada Hewan Ternak

Cegah Meluasnya PMK, Babinsa Pandak Dampingi Penyuntikan Pada Hewan Ternak
JAWA TENGAH

Sragen-
Ditengah mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap sejumlah hewan ternak sapi di berbagai wilayah, Serma M. Slamet Pjs Babinsa Desa Pandak Koramil 04/Sidoharjo Kodim 0725/Sragen bersama instansi terkait, melaksanakan pengawasan dan pendataan terhadap ternak sapi milik warga, Desa Pandak Kec. Sidoharjo, Kamis ( 25/0/2022 ).

Menurut Danramil 04/Sidoharjo melalui Serma M. Slamet mengungkapkan kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan, dikarenakan adanya indikasi penyakit PMK yang menyerang ternak warga dan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit PMK, maka pihak Dinas Peternakan melakukan sosialisasi dan penyuntikan antibiotik terhadap ternak yang terpapar atau yang belum terpapar penyakit PMK tersebut dengan tujuan pencegahan sehingga dapat meminimalisir penularan sampai ke Desa yang lain.

Baca Juga:  Dampingi Vaksinasi Covid-19, Ini Harapan Serda Sujoko

“Ini merupakan salah satu langkah preventif kita bersama Dinas peternakan melalui mantri hewan guna pencegahan dalam penyebaran penyakit PMK yang berdampak pada hewan ternak lainnya”, jelas Serma Slamet.

Sementara Drh Totok dari dinas Peternakan Kab Sragen mengungkapkan, dengan tingkat penularan PMK yang begitu cepat, mengharuskan pihaknya melakukan upaya pengobatan dan pencegahan melalui suntikan dan vitamin pada hewan ternak yang terinfeksi, sedangkan proses penularan PMK tersebut dapat melalui sistem pernafasan, air liur, dan kencing hewan ternak, jelasnya.

Baca Juga:  Jurus Jitu Tekan Penyebaran Covid 19

“Kami juga menghimbau kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sebagai langkah untuk meminimalisir peularan PMK”, pungkasnya.

(Kemplu)

 98 kali dilihat