Dandim 0726/Sukoharjo Dampingi Danrem 074/Wrt Susur Sungai Tanam Pohon Serentak di 5 Titik Bantaran Sungai Bengawan Solo

JAWA TENGAH

Sukoharjo, (LV) –
Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E mendampingi Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Anan Nurakhman S.I.P melaksanakan Pembinaan Lingkungan Hidup di Wilayah Korem 074/Warastratama melalui Penanaman Pohon Secara Serentak tepatnya di lima titik di wilayah Kodim 0726/Sukoharjo. Kamis, (29/12/22).

Bersama Forkopimda Sukoharjo Komandan Korem beserta rombongan langsung menuju lokasi Penanaman pohon Ds. Langenharjo Kec. Grogol Kab. Sukoharjo langsung dilanjutkan dengan melaksanakan penanaman pohon secara simbolis di sepanjang bantaran Sungai Bengawan Solo, kemudian kegiatan penanaman dilanjutkan oleh Prajurit TNI dari Kodim 0726/Sukoharjo bersama anggota Hipakad, Pemuda Pancasila, FKPPI dan Linmas serta warga Ds. Langenharjo Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

Penanaman pohon Secara Serentak di Kodim 0726/Sukoharjo berjumlah 3500 pohon, hari ini 700 pohon segera ditanam di 5 (lima) lokasi yaitu dimulai dari Ds. Parangjoro Kec. Grogol, Ds. Langenharjo Kec. Grogol, Ds. Kadokan Kec. Grogol, Kelurahan Bulakan Kec. Sukoharjo Kab. Sukoharjo serta di Dk. Japanan, Ds. Palur Kec. Mojolaban yang kesemuanya berlokasi di sepanjang bantara sungai Bengawan Solo.

Baca Juga:  Serka Giminanto Sambangi Toko batik Merak Manis, Ini Alasannya

Dalam sambutannya Bp. Agus Santosa (Wakil Bupati Sukoharjo) mewakili Bupati Sukoharjo mengungkapkan, “Sebelum kegiatan ini kita sudah sama-sama berpikir terkait efek dari global warming/efek rumah kaca yang sangat luar biasa terhadap alam sehingga kita sepakat untuk melaksanakan kegiatan ini, sebenarnya hal yang kita lakukan bersama ini sangat sederhana tetapi memiliki makna yang besar dan bermanfaat untuk kedepannya,” ungkapnya.

” ecara teknis kualitas tanam yang paling bagus langsung mendapatkan air, terima kasih penanaman kita laksanakan secara sektoral bersama baik dari jajaran TNI, Polri dan Pemerintah Daerah Kab. Sukoharjo,” ujar Wakil Bupati.

Semantara itu Kolonel Inf Anan Nurakhman, S.I.P (Danrem 074/Wrt) mengungkapkan bahwa Kegiatan ini sudah diawali di Kab. Klaten. “Di sini merupakan tempat kedua, kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu untuk kelancaran kegiatan ini dan untuk kedepannya tetap kita lanjutkan sesuai dengan harapan Bapak Presiden agar tetap melaksanakan penghijauan secara bertahap,” ungkap Danrem.

Menurut Kolonel Inf Anan langkah-langkah ini untuk mencegah erosi di daerah bantaran sungai yang dampaknya sangat besar, “Kedepan kami mengharapkan kepada warga masyarakat untuk ikut memelihara apa yang sudah kita lakukan bersama sehingga dapat kita nikmati hasilnya beberapa tahun kedepan,” tukas Danrem.

Baca Juga:  Material RTLH TMMD 109 Mulai Berdatangan

“Penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Korem 0724/Warastratama ini sudah disediakan 10.000 pohon yang akan kita bagi dalam 4 titik sasaran Bantaran Sungai Bengawan Solo diantaranya di wilayah Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo Kota Surakarta dan Kabupaten Karanganyar, hari ini mungkin tidak bisa semuanya tertanam sampai 10 ribu pohon, akan tetap kami komit untuk menanam sesuai dengan jumlah yang sudah kita rencanakan,” terang Danrem didampingi Wakil Bupati dan Gusti Suryo Wicaksono (Penanggungjawab Pesanggrahan Ds. Langenharjo).

Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi mengatakan bahwa direncanakan sejumlah 3500 pohon akan ditanam di 5 kecamatan diantaranya di wilayah Kec. Bulu, Kec. Tawangsari, Kec. Sukoharjo, Kec. Grogol dan Kec. Mojolaban.

“Hari ini kita mulai dari Ds. Parangjoro Kec. Grogol, Ds. Langenharjo Kec. Grogol, Ds. Kadokan Kec. Grogol, Kelurahan Bulakan Kec. Sukoharjo Kab. Sukoharjo serta di Dk. Japanan, Ds. Palur Kec. Mojolaban semuanya tertanam sebanyak 700 bibit pohon,” terang Dandim.

Baca Juga:  Jelang Penutupan TMMD Reguler Brebes, Berbagai Persiapan Terus Dilakukan

“Harapannya sejumlah 3500 pohon yang disediakan untuk Kodim 0726/Sukoharjo segera bisa tertanam semua untuk memperkuat sepanjang kanan dan kiri bantaran aliran sungak bengawan solo yang melewati wilayah Kabupaten Sukarjo,” tutup Dandim Sukoharjo.

“Atas nama pemerintah desa kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Danrem dan bapak Dandim Sukoharjo dan Dinas terkait untuk penanaman pohon secara serentak di wilayah desa Langenharjo, semoga dapat mengurangi dampak banjir di wilayah desa Langenharjo,” ucap Kades Langenharjo bapak Sunarwan, S.E.

Hari ini cuaca dan arus sungai juga bersahabat, debit air dan ketinggian air tinggi sehingga pelaksanaan susur sungai berjalan dengan lancar dan aman sehingga tak ada kendala mulai dari bantaran sungai desa Parangjoro hingga sasaran terakhir yaitu bantaran sungai bengawan solo di Ds. Palur Kec. Mojolaban.

 103 kali dilihat

Tagged