Gubernur Lampung Canangkan Kabupaten Tubaba sebagai Sentra Ternak

Gubernur Lampung Canangkan Kabupaten Tubaba sebagai Sentra Ternak
PROV LAMPUNG TULANG BAWANG BARAT

Tulang Bawang Barat, (LV)
Kunjungan kerja ke Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Gubernur Lampung Arinal Djunaidi canangkan Kabupaten Tubaba sebagai Sentra Ternak di Provinsi Lampung.

“Tulang Bawang Barat ini termasuk lumbungnya ternak. Populasi hewan ternak paling banyak didominasi oleh ternak sapi sebanyak 26.644 ekor, dan kambing sebanyak 89.864 ekor,” ucap Gubernur, Selasa (26/07/2022).

“Kemarin waktu kunjungan ke Mesuji saya mencanangkan Mesuji sebagai Kabupaten Sentra Perikanan, karena memang potensi perikanannya sangat besar, disini juga potensi ternaknya bagus, kenapa tidak kita jadikan Kabupaten Sentra Peternakan,” ucap Arinal.

Baca Juga:  Pelantikan DPD LPM Lampung 2022-2027, Gubernur Arinal Minta Para Pengurus Majukan Desa dengan Program Unggulan Desa Berjaya

Adapun kunjungan Gubernur di Kabupaten Tubaba adalah dalam rangka peluncuran implementasi Program Elektronik Kartu Petani Berjaya (E-KPB) yang terintegrasi dengan Program Smart Village di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), kegiatan dipusatkan di Pasar Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Dalam kunjungan tersebut Gubernur melakukan berbagai kegiatan, diantaranya meninjau kegiatan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dilaksanakan di halaman Pasar Pulung Kencanan.

“Pada kegiatan hari ini kita juga meninjau lokasi Vaksinasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). Sebagaimana kita ketahui bahwa kasus PMK di Provinsi Lampung pertama kali terkonfirmasi positif di Desa Mulya Jaya, Kec. Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat pada bulan Mei 2022 dengan jumlah kasus 78 ekor. Tetapi sejak tanggal 19 Juni 2022 sudah tidak ada pertambahan kasus lagi di Kabupaten Tulang Bawang Barat,” ucap Gubernur

Baca Juga:  Dengan Bekerja Keras, Wagub Nunik Yakin Pesisir Barat Mampu Wujudkan Kabupaten Layak Anak 2020

“Berbagai upaya yang telah kita lakukan dalam rangka pengendalian PMK, hari ini Tubaba sudah tidak ada, tapi jangan membuat kita lengah,” tegas Gubernur.

Menurut Pj Bupati Tubaba Zaidirina, Vaksinasi PMK Tahap I di Kabupaten Tubaba mendapatkan 3000
dosis vaksin dan sudah direalisasikan sebanyak 100
persen.

“Kemudian pada vaksinasi PMK Tahap II
kami mendapatkan sebanyak 4000 dosis dan
sampai dengan hari ini sudah terealisasikan
sebanyak 1.300 dosis. Hingga hari ini, ternak
Tubaba dapat kami nyatakan bebas dari Penyakit
Mulut dan Kuku,” ujar Pj Bupati Zaidirina saat mendampingi Gubernur pada kegiatan tersebut. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

 178 kali dilihat