Jaga Ketahanan Pangan, Kodim Bojonegoro Budidaya Tanaman Cabai

Jaga Ketahanan Pangan, Kodim Bojonegoro Budidaya Tanaman Cabai
JAWA TIMUR

BOJONEGORO –

Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, melalui para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil-Koramil jajarannya terus berkomitmen melakukan berbagai upaya, dan terobosan dalam rangka menjaga ketahanan pangan khususnya diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

Kali ini, para prajurit jajaran Kodim 0813 berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pertanian, terus bergerak menjaga ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan atau pekarangan diseputaran Markas Kodim dan Koramil untuk budidaya tanaman cabai.

Pembudidayaan sebanyak 8.050 bibit cabai yang terdiri dari 3.000 bibit cabai merah besar dan 5.050 bibit cabai rawit bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro dilakukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan.

Baca Juga:  TMMD Bojonegoro, Koptu Aris Widodo Ingatkan Bahaya Covid-19 Kepada Anak-Anak

Bati Wanwil Staf Teritorial Kodim 0813 Bojonegoro, Serma Ervan Mei Cahyo, Minggu (30/10/2022), menjelaskan bahwa sinergitas bersama dengan Pemkab Bojonegoro khususnya dibidang pertanian sebagai bentuk langkah awal dalam mengatasi inflasi. Pihaknya mengajak dan berharap bagi masyarakat juga bisa memanfaatkan potensi lokal guna meningkatkan ketahanan pangan.

Menurutnya, warga masyarakat bisa memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan disekitar rumahnya untuk ditanam cabai maupun sayuran lainnya. Dengan begitu, inflasi kenaikan harga barang kebutuhan pokok bisa sedikit teratasi. “Menanam tanaman cepat panen seperti cabai ini juga merupakan salah satu solusi untuk menyukseskan ketahanan pangan khususnya diwilayah Kabupaten Bojonegoro,” ujarnya.

Baca Juga:  PAK KOWI SANG BABINSA, POMPA SEMANGAT YUNIORNYA DENGAN BERBAGI PENGALAMAN

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Imam Nurhamid, mengapresiasi atas kerjasama dengan TNI dalam hal ini Kodim 0813 Bojonegoro yang turut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan swasembada pangan. Karena ketahanan pangan merupakan bagian dari ketahanan negara, sehingga seluruh elemen bangsa termasuk TNI harus berperan demi menjaga kedaulatan tanah air.

Masih menurut Imam Nurhamid, pertanian merupakan sektor strategis yang berperan dalam penguatan ketahanan ekonomi. Selain itu, dengan kerjasama yang sudah terbina dengan baik ini juga dapat dijadikan momen untuk meningkatkan sinergisitas dan silaturahmi.

Baca Juga:  Sarana dan Prasarana Pendukung Menuju Sejahtera

“Sangat mendukung segala kegiatan Kodim 0813 Bojonegoro yang dilakukan melalui para Babinsa diwilayah dalam menjaga ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan demi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Terima kasih kerjasamanya, semoga sukses,” tegasnya.

 71 kali dilihat