Jalankan program Babinsa Masuk Dapur, Koramil Dander Bojonegoro perbaiki Rumah Jomi

Jalankan program Babinsa Masuk Dapur
JAWA TIMUR

BOJONEGORO, (LV)

Dipimpin langsung oleh Danramil, Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Koramil 05/Dander, Kodim 0813 Bojonegoro, diterjunkan ke lokasi karya bakti bersama warga masyarakat sekitar untuk memperbaiki rumah milik Mbah Jomi (70), agar menjadi layak huni.

Mbah Jomi menempati rumah berukuran 4×6 meter, berlantai tanah dan dinding terbuat dari anyaman bambu di RT.024/RW.005 Dusun Kebonagung, Desa Sumberagung, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro.

Danramil 0813-05/Dander, Kapten Inf Abdul Karim Zalukhu, Minggu (6/11/2022), mengungkapkan, perbaikan rumah mbah Jomi dilakukan sejak 3 Nopember 2022. Dimana sebelumnya, pihaknya mendapat laporan Babinsa setempat yang tengah melaksanakan kegiatan dari Komando Atas yaitu program “Babinsa Masuk Dapur”.

Atas laporan dari Babinsa Desa Sumberagung, Serma Suyono. Kemudian pihaknya menggelar rapat bersama anggota Babinsa yang lainnya, membahas rencana yang akan dilakukan dalam rangka membantu perbaikan kondisi rumah Mbah Jomi.

Baca Juga:  Bersama Masyarakat, Anggota Satgas TMMD Bojonegoro Melaksanakan Pembenahan Lampu Desa

Dari hasil rapat tersebut, untuk pengadaan materialnya sendiri swadaya para anggota Babinsa dan warga masyarakat yang peduli dengan kondisi Mbah Jomi. “Kita menerjunkan 12 personel bersama warga setempat untuk bersama-sama melakukan perbaikan rumah milik Mbah Jomi,” ujar Danramil.

Menurutnya, kondisi mbah Jomi yang tinggal seorang diri telah menggugah hati, rasa kemanusiaan dan kepedulian. Mbah Jomi tidak memiliki anak, sedangkan suaminya telah meninggal dunia beberapa tahun silam. Sehingga, pemberian bantuan dilakukan berdasarkan kebutuhan mbah Jomi, serta mengukur kemampuan.

Baca Juga:  SI MOKOS TMMD Bojonegoro Datang, Buku Bacaan Diserbu Anak-Anak

Bantuan yang disalurkan sebelumnya untuk kebutuhan mbah Jomi sehari- hari seperti peralatan dapur dan sembako. Bantuan tahap selanjutnya, perbaikan rumah mbah Jomi yang selama ini masih lantai tanah, dan dindingnya dari anyaman bambu. “Kemudian para anggota dan warga sekitar bekerja bersama, bergotong royong memperbaiki lantai dan dinding rumah mbah Jomi,” ujarnya.

Namun demikian, kata Danramil, bahwa saat ini pihaknya baru mampu melakukan pemlesteran lantai rumah, mengganti dinding rumah dengan papan kayu, pengecatan, penggantian pintu rumah, meja, kursi dan almari. Kedepannya, apabila memungkinkan akan dilakukan bantuan pemasangan keramik.

“Semoga dengan adanya perbaikan rumah ini, bisa membantu kesulitan mbah Jomi untuk mewujudkan rumah layak huni,” tambah Kapten Inf Abdul Karim Zalukhu.

Baca Juga:  BALADHIKA JAYA JADI NAMA JALAN DI TMMD KE-107 KODIM 0823/SITUBONDO

Pada kegiatan yang sama, Kepala Desa Sumberagung, Putoyo, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap apa yang telah dilakukan para Babinsa jajaran Koramil 05/Dander, Kodim 0813 Bojonegoro. “Bantuan ini sangat bermanfaat sekali. Terima kasih kepada jajaran TNI, semoga mbah Jomi menempati rumahnya merasa aman dan nyaman,” ucapnya.

Senyum sumringah pun terlihat diraut wajah Mbah Jomi. Nampak kerinduan, kehangatan arti sebuah keluarga atas kepedulian dan kehadiran bapak-bapak TNI bersama warga sekitar yang dari pagi hingga petang menemani mbah Jomi dengan canda tawa serta riuh suara alat bangunan. (*)

 72 kali dilihat