Kodim 0427 Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana

WAY KANAN

Waykanan, Lampungvisual.com-Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0427 Way Kanan membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRC), Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Kabupaten Waykanan di Blambangan Umpu, Kamis (30/3)

Diklat tersebut akan berlangsung selama  dua hari dan diikuti oleh 100 orang  peserta, masing-masing terdiri dari TNI sebanyak 50 peserta, 31 peserta dari masyarakat dan dari unsur BPBD sebanyak 19 orang peserta.

Baca Juga:  Ops Yustisi Digelar, Polres Way Kanan Tertibkan Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19

Dalam sambutannya  Kasdim  0427 Waykanan,  Mayor Inf.  DB Harahap,  mengharapkan,  pelatihan gabungan ini bisa menambah  ilmu dan selalu siap siaga dalan penaggulangan bencana  dikabupaten Waykanan. “Dengan pelatihan petugas diharapkan lebih aktif, sigap, cepat dan bertanggung jawab atas penanggulangan segala jenis bencana di wilayah kabupaten Waykanan.” Pesan Kasdim.

Masih menurut DB Harahap , agar peserta pelatihan dapat menyerap ilmu secara maksimal selama dua hari. Sementara itu, Kepala Badan Pelaksana BPBD Waykanan, Rusli Arsyad,, A.Pi.S.IP,MM, selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan,  pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan  kapasitas dan akuntabilitas. Selain itu juga  peningkatan SDM, serta penguatan kapasitas aparatur dan masyarakat dalam usaha mitigasi resiko bencana serta penanganan untuk mengintegrasikan. “Tujuan lain yang ingin dicapai adalah peningkatan koordinasi dan terintegrasi dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian penanggulangan bencana.” Terang Rusli Arsyad.

Baca Juga:  Ketua DPRD Waykanan Gelar Safari Ramadhan Di Baradatu

Ditambahkannya, materi pembelajaran yang diberikan dalam pelatihan ini diantara nya adalah pendidikan dasar kesiapsiagaan pada prabencana, pada saat bencana serta pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan  bencana di daerah rawan bencana. Sebagai pembicara atau nara sumber dalam kegiatan ini adalah narasumber sendiri pihak Kodim 0427, Polres Waykanan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi dan dari unsur BPBD Waykanan sendiri. ( M Fikri).

 645 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.