KPUD Lampura Libatkan Media Sebagai Strategi Peningkatan Partisipasi Masyarakat

LAMPUNG UTARA

Lampung Utara, (LV) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lampung Utara melaksanakan Bincang Pemilu yang diselenggarakan di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten setempat. Sabtu, (24/12/2022).

Bincang Pemilu bertemakan “Peran media sebagai upaya dan strategi peningkatan partisipasi masyarakat pada pemilu 2024” dihadiri Ketua KPUD Lampung Utara, Aprizal Ria didampingi Anggota KPUD setempat, Yansen Atik, Ketua PWI Lampung Utara, M. Rozi Ardiansyah, Sekretaris, Riduan dan dihadiri seluruh pengurus PWI setempat.

Ketua KPUD Lampung Utara, Aprizal Ria mengatakan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang pihaknya melibatkan peran media untuk upaya dan strategi peningkatan partisipasi masyarakat.

Baca Juga:  Rumah Warga Blambang Pagar Lampura Ludes Terbakar

“Peran media ini sangat penting, untuk membantu KPU dalam melaksanakan Pemilu 2024 mendatang,” kata Ketua KPUD Lampura, Aprizal Ria.

Menurut dia, pihaknya saat ini masih melakukan pemutakhiran data pemilih tetap berkelanjutan dan melakukan koordinasi dengan Dinas Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara. Selain itu KPUD juga melakukan koordinasi dengan Apdesi Lampung Utara guna mendata masyarakat dalam upaya pemutakhiran data pemilih tetap berkelanjutan.

Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemilihan umum serentak tahun 2024 dibutuhkan peran media, karena media merupakan pamungkas dan sosial kontrol agar pemilu dapat berjalan dengan sukses.

“Karena selama ini kami sadar, kegiatan-kegiatan kami kalau tidak melibatkan media massa jangkauan kami tidak terlalu jauh,” tukasnya.

Baca Juga:  1074 Vaksin Sinovac telah diterima Rumah Sakit Mayjend HM Ryacudu

Sementara itu, Anggota KPUD Lampura, Yansen Atik mengaku bahwa dalam pelaksanaan pemilu 2024 mendatang dan sebagai penyelenggara pemilu memerlukan peran untuk menyampaikan informasi terkait Pemilu, termasuk dalam pendidikan politik pada masyarakat.

“Media dalam pelaksanaan pemilu mendatang dipastikan mampu memberikan informasi, dan mengedukasi masyarakat melalui medianya masing-masing,” ujar Yansen.

Yansen berharap, dengan melibatkan peran media, Pelaksanaan pemilu 2024 mendatang dapat berjalan dengan baik sesuai dengan regulasi dan terciptanya Pemilu yang demokratis.

Sementara itu, Ketua PWI Lampung Utara, M. Rozi Ardiansyah menyambut baik dan mengapresiasi KPUD Lampung Utara yang sudah menyelenggarakan Bincang Pemilu di Kantor PWI Lampung Utara.

Baca Juga:  Wali Mrid SMPN 7 Kotabumi Lampura Keluhkan Pungutan dari Pihak Sekolah

Dikatakan Rozi, Media merupakan salah satu dari pilar ke – 4 dalam berdemokrasi artinya media memiliki tanggung jawab yang besar terkait pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

“Artinya langkah yang diambil KPUD sangat kita apresiasi, Karena dalam hal ini peran media ditunggu masyarakat, dengan teknologi saat ini masyarakat dapat mengakses pemberitaan terkait pemilu melalui Handphone.” Imbuhnya.

Ketua PWI menegaskan, PWI Lampung Utara ikut mendukung seluruh program-program yang akan dilaksanakan KPUD dalam upaya mensukseskan Pemilihan Umum serentak tahun 2024.
(Andrian Folta)

 147 kali dilihat

Tagged