Mengenal Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

Mengenal Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)
JAWA TENGAH

Sragen,-

Babinsa Desa Sunggingan Serka Mukmin Koramil 16/Miri Kodim 0725/Sragen bersama Babinkamtibmas Bripka Daryono menghadiri kegiatan verifikasi desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ) bertempat di Balaidesa Ds Sunggingan Kec Miri Kab Sragen, Kamis ( 17/11/2022 ).

Berbicara mengenai kesehatan tentu tidak bisa terlepas dari kondisi lingkungan, karena lingkungan merupakan tempat hidup dan tempat manusia melakukan aktivitasnya sehari-hari, sehingga lingkungan dan kesehatan manusia memiliki kaitan yang sangat erat. Demikian juga menurut konsep L. Bloom, yang menyatakan bahwa lingkungan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi status kesehatan, selain perilaku, palayanan kesehatan, dan faktor keturunan.

Baca Juga:  Anak-Anak Yang Puaskan Diri Bermain di Jalan TMMD

STBM adalah suatu pendekatan partisipatif yang mengajak masyarakat untuk mengalisa kondisi sanitasi mereka melalui suatu proses pemicuan, sehingga masyarakat dapat berpikir dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan buang air besar mereka yang masih di tempat terbuka dan sembarang tempat. Pendekatan yang dilakukan dalam STBM menyerang/menimbulkan rasa ngeri dan malu kepada masyarakat tentang kondisi lingkungannya.
Melalui pendekatan ini kesadaran akan kondisi yang sangat tidak bersih dan tidak nyaman di timbulkan. Dari pendekatan ini juga ditimbulkan kesadaran bahwa sanitasi (kebisaan BAB di sembarang tempat) adalah masalah bersama karena dapat berimplikasi kepada semua masyarakat sehingga pemecahannya juga harus dilakukan dan dipecahkan secara bersama.

Baca Juga:  Satgas TMMD Reguler Brebes Masih Setia Bantu Pembuatan Septic Tank Diujung Tugas

(Agus Kemplu)

 96 kali dilihat