Menjaga Eksistensi Begawi Adat

NASIONALRAGAM BUDAYAWAY KANAN

Lampung Visual.com-Salah satu rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Way Kanan ke-18 Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Bersama Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) mengadakan begawi adat, berupa Penganugerahan Penyimbang Marga Kehormatan Kepada Bupati dan Wakil Bupati Waykanan beserta istri, juga Pemberian Adok (Gelar)  Kepada Anggota Forum komunikasi pimpinan daerah  dan Masyarakat berprestasi dalam membangun Kabupaten yang berjuluk Ramik Ragom ini.

Prosesi begawi adat yang berlangsung di sesat agung Way Kanan, Rabu (26/4)  itu disaksikan ribuan masyarakat yang diikuti para tokoh adat dari delapan marga lima kebuaian merupakan implementasi dari  amanat  dari Peraturan Daerah Kabupaten Way Kanan Nomor 35 tahun 2000 tentang pemberdayaan, pelestarian dan pengembangan adat serta lembaga adat.

Melihat antusias berbagai elemen masyarakat dalam menyaksikan dan mengikuti prosesi begawi tersebut merupakan titik awal dalam mengawal dan menjaga Budaya ini agar tidak lekang dimakan zaman.

Baca Juga:  Meski di Guyur hujan Puluhan Anak Lamteng Semangat Aksi Demam Tolelet

Bupati Raden Adipati Surya berharap begawi adat itu dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi Kabupaten Way Kanan yang kaya dengan kearifan dan tata nilai yang khas.

“Oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya selaku Bupati mengharapkan perhatian dan keikhlasan Para Pelestari adat budaya Lampung, untuk terus konsisten, rela dan ikhlas membagi ilmu, menuturkan kembali riwayat leluhur kita. sehingga generasi muda kita tetap memahami silsilah dari Leluhur masyarakat Lampung,”Ungkap Raden Adipati Surya.

Keseriusan Raden Adipati Surya dalam pelestarian Budaya Way Kanan ditanggapi positif oleh penyimbang marga dalam wilayah Kabupaten ini, Sang Dewa Marga salah satu pperwakilan penyimbang marga mengatakan, keseriusan Bapak Bupati dalam pelestarian seni budaya dan adat istiadat Lampung Way Kanan,menjadi semangat untuk terus mempertahankan budaya kita ditengah terpaan arus globalisasi.

Baca Juga:  Kebahagian Warga Jurangjero Dengan Direhabnya Mushola Oleh  TNI

“Untuk itu  kesempatan yang baik ini  kami menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas upaya dan dedikasi Bapak Bupati dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa mengetahui lebih tentang budaya yang hidup dan berkembang dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Di Bumi Ramik Ragom ini,”Ungkapnya.

“Kami mengharapkan kiranya Pemerintah Daerah kabupaten way kanan untuk terus mendukung, memperjuangkan, melanjutkan, mengembangkan serta mengaktualisasikan adat budaya untuk terus  berkembang ditengah-tengah masyarakat kita,”Sambung Sang Dewa Marga.

Pada Begawi Adat tersebut Bupati Raden Adipati Surya dan Wakil Bupati Edward Anton menerima Anugerah penyimbang Marga Kehormatan dengan Gelar Sutan Mangku Prajatama III dan Sutan Nata Praja I, sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Way Kanan,Hj Dessy Afriyanti Adipati dan Wakil Ketua TP PKK Hj. Thurismawaty Edward Antony menerima gelar  ( Adok) Sutan Ibu Merintah dan Sutan  Ibu Utusan Marga. (Fikri).

 2,117 kali dilihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.