Musrenbang Way Kanan Digelar, Rumuskan Program Prioritas Pembangunan 2024

Musrenbang Way Kanan Digelar, Rumuskan Program Prioritas Pembangunan 2024
WAY KANAN

Way Kanan, (LV) –
Pemerintah Kabupaten Way Kanan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2023 di Gedung Serbaguna Pemkab Way Kanan, Selasa (14/03/2023), yang dihadiri oleh Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M., Gubernur Lampung yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung Ir Zainal Abidin, M.T., Bappeda Provinsi Lampung, Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T., Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos., M.IP.

Musrenbang yang menjadi momentum penting dan strategis dalam rangka merumuskan program prioritas pembangunan Tahun 2024, menjadi acuan dalam penyempurnaan Rancangan Awal RKPD 2024 yang menjadi RKPD Tahun keempat dari RPJMD 2021-2026 dengan memperhatikan isu-isu aktual, pertumbuhan ekonomi, dan keuangan serta sinergitas kebijakan Nasional dan Daerah.

Bupati Adipati pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa beberapa isu strategis yang masih dihadapi Kabupaten Way Kanan, antara lain yaitu Kualitas SDM, Pemulihan Ekonomi, Perbaikan tata kelola pemerintahan, dan Upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup. Jika mencermati persoalan yang dihadapi saat ini, diharapkan rencana pembangunan Tahun 2024 harus berdasarkan prioritas dengan fokus target sasaran yang lebih tajam dan memperhatikan kondisi keuangan Pemerintah Daerah.

Baca Juga:  Panitia Pilkakam Kampung Gunung Katun jalani Tes Rapid

“Untuk itu, dalam menyusun program prioritas pembangunan, diharapkan lebih realistis lagi sesuai permasalahan aktual yang kita hadapi serta memiliki dampak kemanfaatan publik. Prioritas dan sasaran yang dirumuskan dalam RKPS Tahun 2024 kiranya dapat memecahkan permasalahan dan isu strategis pembangunan dengan memperhatikan hasil evaluasi capaian kinerja pembangunan periode sebelumnya, dan memperhatikan isu-isu strategis yang berkembang saat ini. Dengan cara memperhatikan tema dan Prioritas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Pemerintah Provinsi Tahun 2024, yang kemudian memperhatikan Visi dan Misi RPJMD Way Kanan 2021-2026”, ujar Bupati Adipati.

Pada acara yang mengusung Tema Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Way Kanan Tahun 2024 yaitu Meningkatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Pemulihan Ekonomi Menuju Way Kanan Unggul dan Sejahtera. Disampaikan pula bahwa dalam upaya mewujudkan hal tersebut, perlu adanya langkah-langkah yang dilakukan, diantaranya Mendorong pemulihan ekonomi di Kabupaten Way Kanan dengan upaya Memprioritaskan pengembangan lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan yang berdampak besar bagi pemulihan ekonomi, Peningkatan nilai tambah produk pertanian di Kabupaten Way Kanan dengan mendorong pengembangan industri kecil olahan komoditas pertanian, Peningkatan lapangan usaha perdagangan dengan memprioritaskan pengembangan perdagangan berbasis produk Kabupaten Way Kanan, serta Mendorong usaha mikro menjadi salah satu penopang perekonomian Way Kanan, sehingga terus diupayakan agar usaha mikro baru dapat terus tumbuh dan usaha mikro yang sudah ada didorong agar terus berkembang sehingga mampu meningkatkan skala usahanya.

Baca Juga:  DPRD Way Kanan Hearing Terkait Konflik Lahan Masyarakat Dengan PT BMM

“Langkah selanjutnya yaitu Pembangunan SDM diarahkan pada pemberdayaan masyarakat terutama masyarakat miskin, mendorong peningkatan rata-rata lama Sekolah dan meningkatkan umur harapan hidup, Ketersediaan infrastruktur diarahkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan pembangunan SDM, Tata kelola pemerintahan diarahkan pada peningkatan akuntabilitas kinerja, peningkatan pelayanan publik, penerapan SPBE, dan peningkatan kualitas SDM, serta Lingkungan Hidup yang diarahkan pada peningkatan kualitas lahan, kualitas air, dan kualitas udara”, tutur Bupati Adipati.

Baca Juga:  Belum perhatikan Nasib Guru Honorer, Raden Adipati Surya Minta Maaf

Diketahui, hadir pula pada acara tersebut Sekretaris DPRD, Inspektur Daerah Kabupaten, para Kepala Dinas dan Badan, Instansi Vertikal, para Kepala Bagian Setdakab, Direktur RSUD Zainal Abidin Pagar Alam, Camat se-Kabupaten Way Kanan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Vorian Melita.

 141 kali dilihat

Tagged