Pemkab Pesibar Luncurkan Penerapan Identitas Kependudukan Digital

Pemkab Pesibar Luncurkan Penerapan Identitas Kependudukan Digital
PESISIR BARAT

Pesisir barat, (LV) –
Launching IKD diawali oleh Bupati Pesisir Barat sekaligus diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) ataupun Non ASN di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah dan akan dilanjutkan ke masyarakat Pesibar. Rabu, (04/12?2023).

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan, aplikasi ini dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Identitas Kependudukan Digital adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas diri secara online,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pahar Mas dan FKPMB Gelar Kegiatan Bersama

Masih kata Agus istiqlal, “Manfaat identitas kependudukan digital, mempermudah verifikasi data diri tanpa harus membawa kartu fisik, mempermudah mengakses data keluarga serta mempermudah mengakses layanan publik seperti : Layanan Perbankan, Vaksin Covid-19, NPWP Ditjen Pajak, Kartu ASN, Kartu Pemilih, Kartu Indonesia Sehat, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan layanan publik lainnya,” tegasnya.

Identitas kependudukan digital lebih aman dari pemalsuan data penduduk karena menerapkan lapisan tambahan keamanan dan protokol standar untuk bertukar data serta adanya fungsi hash kriptografi.

Baca Juga:  Persetujuan Ranperda Usul Kepala Daerah Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022

“Untuk memperoleh identitas kependudukan digital dapat diunduh melalui gawai android dengan nama aplikasi “Identitas Kependudukan Digita.” Pungkasnya.

(Pidodo)

 180 kali dilihat

Tagged