Pemungutan & Penghitungan Suara, Bawaslu Lampung turunkan Ribuan Pengawas Pemilu

HOME

Lampungvisual.com-Lampung-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Propinsi Lampung akan turunkan sekitar 3000 personil Pengawas Pemilu, untuk Mengawasi hari Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada beberapa Kabupaten dalam waktu dekat ini.

Dalam siaran persnya, Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah mengatakan, Pengawas TPS (PTPS) akan mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Pengawas akan memantau dengan cara pengamatan langsung, baik sebelum dimulainya pemungutan suara, pada saat dimulai sampai tahap setelah penghitungan suara.

Baca Juga:  Video: Calon Tunggal Umar-Fauzi Ungguli Tabung Kosong 96,71 %

PTPS juga akan melakukan pengawasan berbasis IT yaitu dengan melakukan perekaman di TPS. Pertama, PTPS merekam identitas diri sendiri di depan nomor TPS. Kedua, merekam petugas KPPS dan saksi (wajah dan nama) pada TPS tempatnya bertugas. Ketiga, merekam lembar C1 Plano yang sudah ditandatangi KPPS dan Saksi. Keempat, merekam pembacaan C1-KWK berhologram oleh Ketua KPPS dan C1-KWK yang sudah dibcakan, serta saksi menyebutkan kembali perolehan suara yang terdapat dalam C1-KWK.

Baca Juga:  Semakin Meningkat Sinergitas TNI - Polri di TMMD Tambakselo

Selanjutnya laporan audio visual tersebut, tiap selesai melakukan rekaman per tahap langsung dikirim ke Bawaslu via email, untuk kemudian di publish di youtube untuk dapat diakses oleh publik. Bawaslu Lampung juga berharap masyarakat dapat memberikan partisipasi aktifnya untuk mengawal proses Pilkada ini.”Silahkan kirim informasi terkait dengan dugaan pelanggaran ke No. Whatsapp saya 081272756565″ pungkasnya. (Lv/Dra)

 458 kali dilihat

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published.