Penerbangan Perdana Pesawat Susi Air di Tahun 2023

Penerbangan Perdana Pesawat Susi Air di Tahun 2023
PESISIR BARAT

Pesisir Barat, (LV) –
Kadis Kominfotik dan Persandian Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa Wakil Bupati A. Zulqoini Syarif, S.H., hadir secara langsung dalam rangka seremonial pelepasan penerbangan perdana pesawat Cessna C208B Caravan milik maskapai Susi Air, Pesibar, Jumat, (06/01/2023).

Penerbangan tersebut melalui rute Perintis – Gunung Sitoli yang mencakup rute penerbangan pulang pergi, antara lain Gunung Sitoli – Pulau Pulau Batu, Pulau Pulau Batu – Padang, Padang – Rokot, Pulau Pulau Batu – Sibolga, Gunung Sitoli – Sibisa, Bengkulu – Enggano, Padang – MukoMuko, Bengkulu – Muko-Muko, Krui – Lampung, Bengkulu – Pagar Alam, Palembang – Pagar Alam, Palembang – Waykanan dan Lampung – Way Kanan, Krui – Bandar Lampung di tahun 2023 yang berlokasi di Bandar Udara Muhammad Taufiq Kiemas, Kabupaten Pesisir Barat (Krui).

Baca Juga:  Bupati Pesibar Monitoring Ujian Sekolah Tatap Muka Tingkat SD

Hadir dalam kegiatan diatas mendampingi Wakil Bupati Pesisir Barat, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, serta perwakilan dari beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Wakil Bupati Pesisir Barat mewakili seluruh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengucapkan terimakasih kepada manajemen maskapai Susi Air yang telah beroperasi kembali di tahun 2023 dengan rute Krui – Bandar Lampung ataupun sebaliknya.

“Penerbangan ini (Susi Air) akan berdampak positif bagi pelaku usaha di bidang pariwisata serta para pelaku UMKM (Usaha Menengah, Kecil dan Mikro) yang berada di wilayah Kabupaten Pesisir Barat.” ucapnya.

Baca Juga:  Kejaksaan cabang negeri lampung barat resmi tahan mantan peratin pekon pagar dalam

Maskapai penerbangan Susi Air di tahun 2023 ini memiliki rute transportasi udara yang mencakup seluruh Bandar Udara Pengumpan (Spoke) dan Bandar Udara pengumpul dengan skala pelayanan tersier di Pulau Sumatera akan semakin luas pelayanannya sehingga masyarakat dapat menggunakannya untuk mempercepat pergerakan dari satu tempat ke tempat lain.

“Kami semua berharap, rute penerbangan maskapai Susi Air di Bandara kami ini dapat ditingkatkan lagi pelayanan serta jam operasionalnya menjadi lebih banyak lagi, agar semakin banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Pesisir Barat dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” Imbuh Wakil Bupati.

Baca Juga:  Pemkab Pesibar Gelar Upacara Peringati Hari Sumpah Pemuda

Perlu diketahui bahwa rute penerbangan Krui – Bandar Lampung ataupun sebaliknya di tahun 2023 ini hanya beroperasi satu kali dalam seminggu, tepatnya pada hari Jum’at pagi saja. Sebelumnya pada tahun 2022 penerbangan Susi Air beroperasi dua kali dalam seminggu.

Koordinator Wilayah (Korwil) Penerbangan Bandar Udara Muhammad Taufik Kiemas menjelaskan bahwa pengurangan jam penerbangan ini dikarenakan kenaikan harga avtur (bahan bakar pesawat), serta PPN (Pajak Pertambahan Nilai) yang naik menjadi 11% oleh Kementrian Keuangan sehingga pihak maskapai Susi Air perlu menyesuaikannya.
(Pidodo)

 72 kali dilihat

Tagged