Peringati Hari Pangan Sedunia Ke-42 Provinsi Lampung Tahun 2022, Gubernur Arinal Djunaidi Buka Kegiatan Festival Pangan Lokal Lampung

Peringati Hari Pangan Sedunia Ke-42 Provinsi Lampung Tahun 2022, Gubernur Arinal Djunaidi Buka Kegiatan Festival Pangan Lokal Lampung
PROV LAMPUNG

BANDARLAMPUNG, (LV)

Peringati Hari Pangan Sedunia Ke-42 Provinsi Lampung Tahun 2022, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka kegiatan Festival Pangan Lokal Lampung yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung di Lapangan Korpri, Senin (21/11/2022).

Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Festival Pangan Lokal Lampung, adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya konsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Selain itu, kegiatan ini juga mendukung peningkatan produksi untuk memperluas akses pangan guna meningkatkan omset UMKM sektor pertanian dan mempromosikan produk pertanian unggulan dari pabrikan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan bahwa berbicara pangan berarti berbicara pemenuhan hak asasi setiap warga negara Indonesia. Oleh karena itu pengelolaan pangan haruslah dilakukan secara komprehensif, integratif dan terencana dengan baik.

“Pada kesempatan ini juga saya ingin mengajak kita semua memanjatkan rasa syukur ke hadirat Allah SWT, bahwa di tengah-tengah Pandemi Covid 19 yang melanda selama kurang lebih dua tahun, Provinsi Lampung mampu menjaga ketahanan pangannya. Sektor pertanian terbukti satu-satunya sektor yang terus tumbuh dan tidak pernah surut, bahkan berkontribusi sangat kuat terhadap PDRB,” ucap Gubernur.

Baca Juga:  Ketua TP PKK Provinsi Lampung Hadiri Pengajian Akbar Harlah Muslimat NU ke-76 di Way Kanan

Menurut Gubernur, Provinsi Lampung juga sangat kaya dan memiliki keunggulan dan potensi pertanian yang besar, Lampung merupakan penghasil padi nomor 6 Nasional, Jagung peringkat 3 Nasional dan Ubi Kayu peringkat 1 nasional dengan produksi ubi kayu tahun 2021 adalah sebesar 6,1 juta ton.

“Dengan mengoptimalkan pemanfaatan kekayaaan keanekaragaman hayati, sumberdaya pangan lokal Lampung yang melimpah tersebut kita harus optimis dan sigap mengambil momentum untuk memperkuat ketahanan pangan dan mewujudkan kemandirian pangan,” tegas Gubernur

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Gubernur berharap dapat menjadi ruang kepada semua pelaku dan insan pertanian untuk bisa terus bergerak, berinovasi, bermakna dan berkreatifitas dalam berwirausaha di sektor pertanian.

“Saya juga berharap kegiatan ini akan menjadi semangat baru bagi kebangkitan ekonomi di sektor UMKM Pangan untuk terus berkarya mewujudkan “Rakyat Lampung Berjaya”. Semoga segala sesuatu yang kita laksanakan pada hari ini benar-benar dapat bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat Lampung,” tutup Gubernur.

Baca Juga:  Pemprov Lampung Terima Kunjungan Dua Atlet Berprestasi Harumkan Lampung, Sumbangkan Medali Bagi Indonesia

Sementara itu Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal dalam sambutannya mengatakan bahwa sinergi dan kolaborasi untuk mewujudkan cita-cita kemandirian pangan dan perekonomian keluarga harus terus ditingkatkan, mengingat potensi sumber daya pangan dan kearifan lokal yang sangat beragam di Provinsi Lampung.

“Saya mengajak kita semua bersinergi untuk terus mengedukasi masyarakat agar selalu mengkonsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga, serta, penguatan ekonomi keluarga melalui produk olahan dengan memanfaatkan bahan pangan lokal,” ajak Riana Sari Arinal.

Lebih jauh, Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Badan Pangan Nasional yang diwakili oleh Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan Rinna Syawal, S.P., M.P. menyatakan bahwa Badan Pangan Nasional sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan TP PKK Provinsi Lampung untuk bersinergi mengembangkan pola konsumsi beragam, bergizi seimbang, dan aman, kepada seluruh lapisan masyarakat agak kemudian menjadi sebuah kebiasaan dan pola hidup dalam konsumsi sehari-hari.

Baca Juga:  Ketua TP PKK Provinsi Lampung Lakukan Kunjungan Kerja

“Kami juga mengapresiasi dan menyambut baik upaya Pemerintah Provinsi Lampung untuk selalu menjaga pasokan dan harga dengan berbagai kebijakan yang mengutamakan bagaimana Lampung itu bisa tercukupi pangannya, aman, terpenuhi dan terjangkau oleh masyarakat dalam kondisi krisis yang saat ini terjadi,” ucapnya.

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi, kegiatan Festival Pangan Lokal Lampung dilaksanakan dengan beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman atau B2SA dengan Peserta dari TP PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Kemudian Bazar UMKM Pangan Lokal oleh Kelompok Tani Binaan dari TP PKK dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, Festival Produk Unggulan Pertanian dengan peserta dari Dinas yang membidangi ketahanan pangan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dan yang terakhir Kegiatan Pangan Murah yang digelar oleh dinas PTPH Provinsi Lampung bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

 43 kali dilihat