PLN Siap Pasok Kembali Listrik Tanpa Kedip untuk Ajang World Superbike di Mandalika

PLN Siap Pasok Kembali Listrik Tanpa Kedip untuk Ajang World Superbike di Mandalika
NASIONAL

Saat ini berfokus pada mobilisasi peralatan seperti mobile genset, trafo dan material ke Sirkuit Mandalika.

Mandalika, 22 Oktober 2022 – Ajang balap motor berskala internasional World Superbike (WSBK) tahun 2022 kembali akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara barat pada 11 – 13 November 2022. Guna menyukseskan ajang tersebut, PLN memastikan kesiapan infrastruktur dan menyiagakan personel untuk memastikan pasokan listrik tetap andal dengan layanan listrik tanpa kedip atau Zero Down Time.

Sebelumnya PLN juga sukses menyediakan pasokan listrik yang andal untuk gelaran WSBK 2021 dan MotoGP 2021. Pengalaman tersebut membuat PLN optimistis gelaran International WSBK 2022 dapat berlangsung dengan listrik tanpa kedip.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Sudjarwo mengatakan, persiapan dilakukan menyeluruh untuk memastikan keandalan sistem, mulai dari sisi pembangkitan, transmisi 150 kiloVolt (kV) hingga jaringan distribusi 20 kV, sehingga layanan listrik tetap andal dan berkualitas selama gelaran berlangsung.

Baca Juga:  Ditresnarkba Kapoda Sumsel Amankan 22 Tersangka

“Persiapan untuk melistriki venue saat ini berfokus pada mobilisasi peralatan seperti mobile genset, trafo dan material ke Sirkuit Mandalika. Beberapa utilitas pendukung seperti Uninterruptible Power Supply, genset telah disiapkan,” kata Djarwo.

Setelah seluruh peralatan berada di lokasi, PLN akan melaksanakan pemeriksaan akhir dan juga simulasi untuk semua venue. Ini tentunya untuk memastikan sistem yang terpasang, aman dan siap untuk melistriki WSBK.

Untuk kebutuhan listrik selama WSBK, PLN juga telah berkoordinasi dengan PT ITDC selaku penyelenggara ajang tersebut. Beberapa titik yang akan disuplai oleh PLN antara lain paddock, main pit building, race control, medical control, observation deck, TV Compound, VIP village dan bright store. Jumlah titik ini akan bertambah menyesuaikan dengan kebutuhan penyelenggara.

Baca Juga:  Kegiatan Sosialisasi Kesehatan Jiwa Danramil 03 Serengan Ikut Hadir

“Secara garis besar, kebutuhan listriknya masih sama dengan sebelumnya. Suplai listrik untuk sirkuit Mandalika saat ini sebesar 5,19 MVA dan akan disuplai dari 3 jalur utama listrik yang berfungsi untuk menjaga keandalan sistem,” jelas Djarwo.

Pada gelaran WSBK tahun ini, PLN menyiagakan 384 petugas di 16 titik lokasi. Tiga belas unit trafo mobile, 15 unit mobile genset, dan 17 Uninterruptible Power Supply.

Untuk kesiapan di sisi pembangkitan, kondisi sistem kelistrikan Lombok saat ini memiliki daya mampu sebesar 323 megawatt (MW) dengan beban puncak 280 MW. Masih terdapat cadangan daya sebesar 43 MW yang dapat dioptimalkan.

Baca Juga:  Bantu Warga Angkut Hasil Panenan Jagung, Vitamin di TMMD  

Tak hanya sirkuit, PLN juga akan melakukan pemeriksaan pada instalasi listrik yang menyuplai fasilitas umum. Hal ini tentunya karena lokasi di kawasan Kuta Mandalika akan banyak dikunjungi berbagai wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“PLN pasti berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik. Dengan adanya event internasional ini tentu akan menggerakan roda ekonomi masyarakat dan mengharumkan nama NTB di mata dunia,” tutup Djarwo.

Sumber: Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

 88 kali dilihat