RTIK Mesuji Gelar Seminar Literasi Digital Pelajar Tangkal Hoax

RTIK Mesuji Gelar Seminar Literasi Digital Pelajar Tangkal Hoax
MESUJI

Mesuji, (LV)-

Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Mesuji bersama Jawara Internet Sehat masuk Sekolah menggelar kegiatan Pelajar Mesuji Tangkal Hoax dengan tema “Dengan Jawara Kita Tangkal Hoax Pada Dunia Pendidikan” di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) Negeri 01 Tanjung Raya, Selasa (25/10/2022).

Turut hadir pada kegiatan tersebut sebagai salah satu pemateri Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi, Najmul Fikri yang diwakili oleh Kepala Bidang Perlanta Samsi Hermansyah, Ketua PWI Kabupaten Mesuji Apriadi, SE., Kepala SMKN 01 Tanjung Raya, Suryadi, Ketua RTIK Kabupaten Mesuji, Nara Sukarna, Jawara Internet Sehat sekaligus Wakil Ketua RTIK Mesuji Catur Agus Ariyanto.

Baca Juga:  Kades Gedung Mulya Akui Jual Aset Desa

Ketua RTIK Kabupaten Mesuji, Nara Sukarna, mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mengajak Pelajar Mesuji Tangkal Hoax. Dimana kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama RTIK Mesuji dan Jawara Internet Sehat.

“Selama pandemi Covid-19 sampai hari ini, kami melihat percepatan penyebaran mis-informasi yang memicu kearah informasi hoax. Dan tantangan privasi digital sangatlah tinggi, hal ini sangat mempengaruhi ketahanan digital, yang dapat mengakibatkan kerusuhan sosial, konflik politik, serta kerugian ekonomi,” ungkap Nara.

Kemudian itu, lanjut Nara, dijelaskanya, kasus Bjorka yang telah meretas beberapa akun dan situs milik pemerintah, dan masih banyak lagi kasus kebocoran data, hoax, peretasan akun media sosial.

Baca Juga:  Penyebaran Stagnan, Pemkab Mesuji Optimis Keluar Zona Orange Covid-19

“Saya berharap melalui kegiatan ini, dapat memberikan pengetahuan
apabila menjumpai informasi hoax, lalu bagaimana cara untuk mencegah agar tidak menjadi korban bahkan pelaku penyebaran berita hoax. Dan bisa melaporkan hoax tersebut melalui sarana yang tersedia di masing – masing media. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan diikuti dengan baik,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PWI Mesuji Apriadi, SE., yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut sangat mengapresiasi semangat antusiasme para pelajar dalam mengikuti kegiatan seminar literasi digital pelajar tangkal hoax di dunia pendidikan diruang lingkup Kabupaten Mesuji.

“Saya berharap kegiatan literasi digital pelajar tangkal hoax ini dapat mengedukasi tentang pentingnya memfilter dan menyebarkan informasi bermedsos dalam era digital ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Kunjungan Tiga Menteri, Pemkab Matangkan Persiapkan

Ditempat yang sama Kepala Sekolah SMK Negeri 01 Tanjung Raya, Suryadi, menyambut baik kegiatan yang diadakan oleh RTIK Mesuji yang ingin berbagi ilmu dan wawasan berkaitan dengan bagaimana cara mengelola informasi pada era digital seperti saat ini.

“Saya berterimakasih dan menyambut baik kegiatan ini, karena menurut saya ini sangat penting diketahui oleh para pelajar. Supaya kedepan bisa lebih bijak dan hati – hati baik dalam bermedsos. Mudah – mudahan kegiatan semacam ini dapat berkelanjutan agar selalu ada pembinaan untuk para pelajar,” jelasnya.

 101 kali dilihat