Saka Kencana Tubaba Bina Remaja Melalui Kegiatan Positif

TULANG BAWANG BARAT

Tulangbawang Barat-Lampungvisual.com-Upaya pembinaan terhadap generasi muda di kabupaten yang telah berusian 8 tahun tersebut terus diperkokoh. Salah satunya melalui kerjasama Dinas Keluarga Berencana dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten setempat.

Karena Saka kencana merupakan satu dari beberapa satuan karya yang ada di gerakan pramuka, tugas dan fungsinya adalah melakukan pembinaan anggota pramuka, baik penggalang, penegak, dan pandega di bidang keluarga berencana. Kegiatan ini berada di bawah naungan Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan.

Baca Juga:  Meski Harga Daging Standar, Tetap Sepi Pembeli

Demikian diungkapkan pembina lapangan Saka Kencana Tulangbawang Barat,  M. Kamil, kepada lampungvisual.com, Kamis (06-04-2017).

Menurut dia, sekitar 150 pengurus saka kencana, yang ada di kabupaten Tulang Bawang Barat telah berbuat banyak melakukan latihan dan sosialisasi dalam rangka mensukseskan program dinas dimana saka kencana bernaung,“Dengan adanya saka kencana, proses sosialisasi dan pembinaan generasi muda dan remaja di Tulangbawang Barat bisa dioptimalkan.” ujarnya.

Baca Juga:  Sukseskan 1 Juta Vaksinasi di Hut Bhayangkara ke 75, Polres Tubaba Gelar Vaksinasi Massal Serentak

Kamil menambahkan, upaya maksimal membina generasi muda butuh perhatian khusus. apalagi kepada para pelajar yang rentan dengan pergaulan, seks bebas, narkoba dan perilaku yang bisa menyebabkan meningkatnya korban HIV/AIDS. Sementara itu, Pembina Saka Kencana Tubaba Sutikno, S.Sos menegaskan, selain melakukan pembinaan dan sosialisasi secara luas, saka kencana juga akan melakukan pembinaan khusus kepada anggota pramuka. Menurutnya, dari hasil pembinaan itu, anggota pramuka akan menjadi kader, baik dalam pembangunan bidang keluarga berencana (KB), keluarga sejahtera (KS) maupun tentang kependudukan,“Tugas dan fungsi saka kencana akan kami maksimalkan, setiap dua minggu sekali kami gelar pelatihan dan bakti sosial. Kita juga akan mengupayakan setiap tanggal 14, para saka wajib memakai seragam pramuka.” Pungkasnya. (CK/Agus/Refki)

 2,991 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.