SDN 10 Tubaba Peringati Sumpah Pemuda Sebagai Penanaman Rasa Nasionalisme

SDN 10 Tubaba Peringati Sumpah Pemuda Sebagai Penanaman Rasa Nasionalisme
TULANG BAWANG BARAT

Tulang Bawang Barat (LV) – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 10 Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022. Kegiatan berlangsung di Halaman sekolah tersebut. Jum’at (28/10/2022).

Kepala Sekolah SDN 10 Tulang Bawang Barat Sri Wahyuni, dalam sambutannya mengatakan pada hari ini memperingati hari sumpah pemuda yang ke-94 tahun 2022 dengan Tema ” ” Peringatan Hari sumpah pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk di renungkan dan dipelajari agar menambah inspirasi serta prestasasi pembelajaran untuk jadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah maju menuju visi bangsa yang besar,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemkab Tubaba, Anggarkan Insentif Pengurus Keagamaan di APBD-Perubahan

Dan sumpah pemuda lanjut dia, memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordialisme yakni perbedaan Suku, Bangsa, Agama, Ras serta berbagai kepentingan kekuatan lainnya.

Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi bangsa dengan sumpah pemuda 1928 yang di ikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia peran Pemuda telah tercatat dengan tinta Mas sepanjang masa.

Pantauan di lokasi dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94 tahun ini, yang dilakukan SDN 10 Tulang Bawang Barat kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) semua guru dan siswa di Sekolah ini tampak mengenakan Siger Lampung dan berbagai pakaian adat.

Baca Juga:  Tubaba : Permasalahannya Bukan Salah Satu Yang Benar

Kepala sekolah Sekolah Dasar Negeri 10 Tulang Bawang Barat Sri Wahyuni, S.Pd mengatakan, berdasarkan surat edaran dari menteri pendidikan, peringatan Hari Sumpah Pemuda di Sekolah tahun ini siswa memakai berbagai pakaian adat dan suku.

“Pada hari ini di Sekolah kami, Guru dan Siswa kita dari berbagai macam suku, ada suku Lampung, Palembang, Jawa dan lainnya.”kata Sri Wahyuni.

“Kita harapkan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini menjadi media pembelajaran penanaman rasa Nasionalisme dan Cinta Tanah Air kepada Siswa sejak dini. Kita mengajarkan kepada Siswa untuk tidak lupa Sejarah,” Ujar Sri Wahyuni.

Baca Juga:  Kapolres Tulangbawang Minta Maaf Atas Insiden Anggota Polisi Dengan Wartawan

Untuk memeriahkan kebersamaan siswa-siswi dan wali kelas di hari sumpah pemuda ini. Pasca upacara dilanjutkan dengan berbagai lomba antar kelas diantaranya lomba tumpeng dan hiburan tarian-tarian adat.

Pemenang langsung diumumkan oleh kepala sekolah sekaligus pemberian Piala.

Diketahui Juara 1 lomba tumpeng di menangkan oleh Kelas 2A, juara 2 dimenangkan oleh kelas 6 dan Juara 3 dimenangkan oleh kelas 1B. (R)

 98 kali dilihat

Tagged