Selesai Jalani PKPM, Ratusan Mahasiswa IIB Darmajaya Kembali ke Kampus

Selesai Jalani PKPM, Ratusan Mahasiswa IIB Darmajaya Kembali ke Kampus
PENDIDIKAN

BANDARLAMPUNG –
Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan penarikan dan penjemputan 491 mahasiswa Program Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) di Lampung Selatan, Kamis (8/9/22).

PKPM yang mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Semangat Merdeka Kampus Merdeka” berjalan selama sebulan mulai dari 9 Agustus – 8 September 2022. PKPM dilaksanakan oleh 81 kelompok pada 46 desa yang berada dalam empat kecamatan yaitu Jatiagung, Tanjungbintang, Tanjungsari, dan Merbaumataram dengan fokus stunting di desa, administrasi desa, pengembangan objek wisata dan UMKM.

Baca Juga:  Komisariat IMM STIH Muhammadiyah Kotabumi Berikan Bantuan Pengobatan Ceysa

Penarikan dan penjemputan mahasiswa dipusatkan pada masing-masing kecamatan. Dalam penjemputan, sebelumnya mahasiswa juga mempresentasikan beberapa produk UMKM yang menjadi binaan selama pelaksanaan PKPM di desa masing-masing.

Dalam penjemputan di Kecamatan Tanjungbintang, Lampung Selatan, Camat diwakili Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangungan, Rangga Adi Wibowo mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan PKPM yang berjalan dengan lancar hingga selesai. “Kami berterima kepada adik-adik mahasiswa karena pekerjaan dan program Pak Kades, Pak Camat dan Sekcam dapat selesai dan berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Baca Juga:  Susun Kurikulum, Prodi Bisnis Digital Kampus ini Libatkan Stakeholder

Rangga mengatakan apa yang telah dilakukan oleh mahasiswa IIB Darmajaya dan dosen diharapkan juga dapat diteruskan oleh masyarakat desa masing-masing. “Semoga menjadi ladang pahala dari adik-adik dosen pembimbing lapangan,” ucapnya.

Sementara, Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari pihak kecamatan dalam pelaksanaan PKPM di Kabupaten Lampung Selatan. “Tahun ini, Alhamdulillah bisa kita laksanakan offline. Mudah-mudahan kerja sama ini dapat terus berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Gelar Seminar Karya Ilmiah, Prodi Manajemen Latih Mahasiswa Meneliti

Muprihan juga memohon maaf atas kekurangan ataupun perilaku mahasiswa bila merepotkan aparatur desa maupun kecamatan serta masyarakat dalam menjalankan program PKPM. “Kami menyadari bila dalam PKPM ini terdapat kekurangan, kami atas nama IIB Darmajaya memohon maaf sebesar-besarnya. Mulai hari ini anak-anak kami yang melaksanakan PKPM dinyatakan selesai dan semoga silaturahmi dapat terus terjalin kedepannya,” pungkasnya. (**)

 16 kali dilihat