Tari Melinting Akan Tampil di Istana Negara pada Peringatan HUT RI ke-77

Tari Melinting Akan Tampil di Istana Negara pada Peringatan HUT RI ke-77
BANDAR LAMPUNG PROV LAMPUNG

BANDARLAMPUNG-
Menjadi Kebanggan bagi masyarakat Lampung, karena tari melinting salah satu tarian tradisional dari Lampung Timur akan ditampilkan di Istana Negara pada HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Tari Melinting menggambarkan keperkasaan serta keagungan Keratuan Melinting salah satu kerajaan tertua di Provinsi Lampung diperkirakan telah berdiri pada awal abad ke-15 di Kabupaten Lampung Timur.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung Qodratul Ikhwan mengatakan Tari Melinting diberikan ruang untuk tampil di Istana Negara pada penurunan bendera di sore hari.

Baca Juga:  Tingkatkan Profesionalisme, Pasukan Tempur Brigif-3 Marinir Latihan Tembak Reaksi

Terpilihnya tari melinting untuk tampil di Istana Negara pada upacara HUT Ke-77 RI Rabu, 17 Agustus 2022, adalah permintaan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi Lampung.

“Ini permintaan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi keberangkatan para penari Tari Melinting menuju Istana Negara dan akan dikirim sebanyak delapan orang penari beserta pemain musik gamelan pengiring tari,” kata Qodratul Ikhwan.

Penari Tari Melinting yang akan tampil menyambut para tamu Negara pada HUT ke-77 RI di Istana Negara berasal dari Desa Nibung Lampung Timur.

Baca Juga:  Tony Eka Chandra Tutup Workshop dan Orientasi Pengurus DPC Granat Way Kanan

“Semua asli pemuda pemudi dari Desa Nibung Lampung Timur, sebab disana tarian ini masih terjaga kelestariannya,”tutupnya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

 135 kali dilihat