Tiyuh Makarti Penyangga Swasembada Beras Sehat Tubaba

Tiyuh Makarti Penyangga Swasembada Beras Sehat Tubaba
LINTAS DESATULANG BAWANG BARAT

LAMPUNGVISUAL.COM-Tiyuh Makarti kecamatan Tumijajar kabupaten Tulang Bawang Barat pasca kepemimpinan Sunaryo mengalami kemajuan berarti. Pembangunan infrastruktur jalan, jembatan serta lainnya nampak terlihat. Potensi yang ada nampaknya sudah hampir keseluruhan tergali ini berkat kerjasama yang baik antara masyarakat dan perangkat tiyuh.

Hamparan sawah yang di miliki warga tiyuh Makarti nampak menghijau saat musim tanam tiba. Daerah persawahan yang menggunakan jaringanirigasi teknis Proyek Irigasi Way Rarem (PIWR) tersebut terbukti mampu merubah wajah petani Makarti.

Beras sehat atau beras organik asal tiyuh Makarti telah dikonsumi masyarakat perdesaan hingga perkotaan, karena Tiyuh Makarti merupakan satu-satunya penghasil beras sehat atau beras organik di kabupaten Tubaba.

Hal ini berkat alumni SLPHT pada waktu itu, para alumni tersebut yang dikomandoi salah satu petani ( Tarmo), telah merubah wahana dan pola pikir petani. Sehingga penggunaan insektisida saat tanam padi dapat diminimalisir. Dan terbukti beras organik atau beras sehat Makarti telah terkenal di mana-mana.

Diketahui Tiyuh Makarti masyrakat eks Transmigrasi dari pulau Jawa di era tahun 70-an, yang notabennya masyarakatnya berprofesi sebagai petani, pedagang, pengusaha, PNS serta karyawan di perusahaan.

Kehidupan yang rukun antar warga memacu percepatan pembangunan tiyuh tersebut. “Kemajuan tiyuh berkat kerjasama antar warga bersama perangkat tiyuh, lembaga tiyuh serta badan permusyawaratan tiyuh (BPT).

Baca Juga:  Menyelami Makna Profesi Jonson Sambangi Petani

Terlebih pasca digulirkannya dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD), menambah kondisi tiyuh semakin giat membangun. Harapan masyarakat pasca digulirkan dana ratusan juta rupiah tersebut akan mampu merubah wajah tiyuh menjadi lebih cantik.

Kehidupan masyarakat tiyuh Makarti saat ini sudah tidak lagi menggantungkan sektor pertanian saja, namun sudah ada yang menggantungkan hidupnya dengan Usaha kecil mikro (UKM). Seperti kerajinan pembuatan Tahu dan tempe menjadi faktor utama kesejahteraan warga Makarti.

Bahkan, tahu sumedang karya warga Makarti telah merambah ke seluruh provinsi Lampung, tidak hanya itu, usaha keripik singkong asal tiyuh Makarti juga menjadi penopang ekonomi.

Pantauan lampungvisual.com program lintas desa telah menyerap berbagai informasi terkait potensi dan hubungan komunikasi warga Makarti. Salah satu potensi unggulan tiyuh Makarti adalah beras sehat atau yang populer disebut beras organik.

Beras organik atau beras sehat asal tiyuh Makarti telah mendominasi konsumsi publik, hal ini sangat menambah penghasilan petani padi. Ribuan hektar sawah menghijau menjadikan tiyuh Makarti kaya akan potensi pertanian.

Dalam lima tahun terakhir kemajuan dibidang pendidikan tiyuh Makarti mengalami kemajuan pesat, dari tingkat TK/Paud, SD, SLTP/MTs dan SMAN sudah dimiliki tiyuh Makarti. Keberadaan pondok pesantren Annur diharapkan bisa merubah pola pikir masyarakat agar lebih agamis.

Baca Juga:  Bersama 8 Anggota DPRD Tubaba Bupati Umar Ahmad Ikuti Sidang Paripurna Hut Provinsi Lampung ke-57 dengan Hikmat

Selain itu kemajuan sektor keagamaan, toleransi umat beragama tiyuh Makarti sudah terjaga dan harmonis, karena masyarakatnya sudah memahami pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama.

Pasar Karang Turi, demikian warga transmigran menyebutnya kala itu. Meski sudah puluhan tahun pasar tempel yang terletak di pusat tiyuh hingga saat ini belum dilirik pemda.

Padahal ini merupakan potensi sirkulasi ekonomi tiyuh Makarti. Karena meski pasar kecil, namun pedagang di pasar tersebut dapat melayani kebutuhan pembeli. Hal ini penting diperhatikan bagi investor lokal.

Karena akan menjadi indah dan cantik jika pasar karang turi yang merupakan pasar kalangan Kamis-Minggu tersebut dirubah menjadi pusat perbelanjaan elit. Harapan warga keberadaan megahnya ruko berlantai dua atau lantai tiga akan mempercepat laju perekonomian warga. Hal ini dilakukan mengingat keterbatasan lahan yang dimiliki pasar swadaya tersebut.

Yang menjadi program prioritas Sunaryo selain keberhasilan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, sektor perekonomian masyarakat juga harus diutamakan. Hal ini  dilakukan demi kesejahteraan masyarakat. Hasil pertanian seperti beras, jagung, singkong dan perkebunan menambah sempurna geliat ekonomi.

Peternakan, perikanan baik ternak besar seperti sapi, kerbau dan kambing, juga ternak unggas  yakni ayam, itik serta burung juga bisa didapatkan di tiyuh Makarti.

Baca Juga:  Terima Bantuan BLT Irul Haturkan Terima Kasih

Jika pembangunan berjalan lancar seperti saat ini maka diharapkan masyarakat  Makarti dipastikan hidup sejahtera, karena kepalo tiyuh bersama perrangkatnya bekrja maksimal. Belum lagi BUMDes yang dikelola secara transparan akan mampu menunjang percepatan pembangnan ekonomi masyarakat. Karena program pemerintah yakni memajukan daerah melalui dana desa, harus disambut dan direalisasikan oleh perangkat Tiyuh.

Sektor seni budaya tiyuh Makarti yang paling popular adalah kesenian kuda lumping, karena penampilan seniman dan seniwati bisa memukau penggemarnya. Kesenian kuda lumping tiyuh Makarti sangat digemari warga, baik masyarakat sekitar Tubaba hingga Sumatera Selatan. Ini menjadi bukti bahwa potensi seni dan budaya tiyuh Makarti benar-benar tergali, dan harus dilestarikan.

Sehingga kedepan nantinya Tiyuh Makarti menjadi Tiyuh kaya akan seni budaya, yang hidup rukun ditengah masyarakatnya yang beragam (GB)

 1,091 kali dilihat

6 thoughts on “Tiyuh Makarti Penyangga Swasembada Beras Sehat Tubaba

  1. Sipppp embak Rani walau saya di jawa bisa dapat infomasi tiyuh kita semoga dengan usaha tahunya bisa meringankan bebeban ekonomi saudara 2ku yang ada ditiyuh makarti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.