klik jangan lewatkan update kabar untuk anda

TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0726/Sukoharjo dibuka Bupati Sukoharjo

TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0726/Sukoharjo dibuka Bupati Sukoharjo
JAWA TENGAH

Sukoharjo,(LV)
Kembali Kodim 0726/Sukoharjo menggelar TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 bekerja sama dengan Pemkab Sukoharjo. TMMD kali ini mengambil lokasi di desa Jangglengan, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo. Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 Kodim 0726/Sukoharjo kali ini di gelar di Lapangan desa Jangglengan, Kec. Nguter, Selasa (26/07/22), setelah berkali-kali dilaksanakan di ruangan tertutup akibat pandemi covid 19.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Sukoharjo Hj. etik Suryani, SE, MM membacakan amanat Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pronowo, SH., M.IP mengajak agar kita menggelorakan semangat kolektifitas, kerja-kerja kolosal serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada. Membangun sarana dan prasarana, fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa.

Diharapkan TMMD juga disisipkan aneka program yang menggugah ke-Indonesiaan kita, wawasan kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme. Sinergitas dan Kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah menjadi satu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa. Menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu/persoalan terkini dengan solusi.

Spirit kegotong-royongan kembali diteguhkan melalui Kemanunggalan TNI Rakyat guna menjamin terwujudnya Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) yang salah satunya ditempuh dengan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 Kodim 0726/Sukoharjo ini.

Baca Juga:  Kawal Ratusan Warga Kegiatan Berjalan Lancar

Selaras dengan tujuan diselenggarakannya TMMD ini untuk membantu Pemda Kabupaten Sukoharjo dalam rangka percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Fisik dan Non Fisik dan dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang-Alat dan Kondisi juang yang tangguh terutama untuk pengurangan kemiskinan dan meningkatkan kualitas SDM di Jawa Tengah.

TMMD ini melibatkan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achirudin, SE, MM sebagai PKP, Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, S.I.P.,M.I.Pol sebagai Dan Satgas TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022.

Direncanakan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 Kodim 0726/Sukoharjo ini ini akan berlangsung hingga tanggal 26 Juli s.d 24 Agustus 2022. Dengan sejumlah sasaran fisik dintaranya :
-Talud jalan Dk. Kepyar – Dk. Ngandong Panjang 393 m x Tinggi 1,6 m x Tebal 0,3 – 0,6 m.
-Talud jalan Dk. Ngandong Panjang 234 m x Tinggi 0,9 m x Tebal 0,3 x 0,6 m.
-Rabat beton jalan Dk. Ngandong RT 02/05 Panjang 645 m x Lebar 2,5 m x Tebal 0,12 m.
-Pengeboran Sumur Dalam di Dk. Ngandong 1 unit.
Sementara itu untuk sasaran Non Fisik duiantaranya adalah :
-Penyuluhan Wasbang Bela Negara.
-Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas.
-Penyuluhan Kesehatan dan Stunting.
-Penyuluhan KB Kesesehatan.
-Penyuluhan Pertanian.

Baca Juga:  Jaga Kebugaran Tubuh Dan Tangkal Covid-19, Anggota Kodim 0728/Wonogiri Selesai Apel Laksanakan Senam Bersama

Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II ini menggunakan Tahun 2022 Kodim 0726/Sukoharjo menggunakan dana APBD Provinsi sebesar Rp 251.000.000,- dan dana APBD Kabupaten sebesar Rp 400.000.000,- serta dana Swadaya Masyarakat sebesar Rp 10.000.000,0- sehingga total dianggarkan dana sebesar Rp 661.000.000,-.

Hadir dalam kegiatan Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 Kodim 0726/Sukoharjo diantaranya Hj. Etik Suryani, SE .MM (Bupati Sukoharjo), Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, S.I.P., M.I.Pol, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, S.I.K., M.PICT., M.Krim, Kajari Kabupaten Sukoharjo, Ketua Pengadilan Kab. Sukoharjo, Ketua DPRD Kab. Sukoharjo, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukoharjo serta Wakil Bupati Kab. Sukoharjo serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Selesai upacara, Bupati Sukoharjo beserta Forkompinda dan rombongan berkenan menuju lokasi TMMD sasaran Betonisasi untuk melaksakan peletakan batu pertama secara simbolis tanda dimulainya TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 Kodim 0726/Sukoharjo.

Baca Juga:  Intinya Pola Hidup Sehat, Jangan Menyesal Setelah Terpapar

Peletakan Batu secara Simbolis pertama oleh Bupati Sukoharjo, Dandim 0726/Skh dan Kapolres Sukoharjo dilanjutklan Peletakan Batu secara Simbolis kedua oleh Ketua DPRD, Kajari dan Ketua Pengadilan Kabupaten Sukoharjo.

“Dengan adanya TMMD Sengkuyung Tahap II ini, hasil-hasil infrastruktur yang dibangun mudah-mudahan hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi warga masyarakat serta dapat meningkatkan ekonomi warga masyarakat,” tukas Bupati Sukoharjo Hj. Etik Suryani.

“Dalam TMMD ini kita mengerahkan pasukan dari Kodim 0726/Sukoharjo dibantu oleh warga masyarakat. diharapkan sinergitas antara TNI dengan warga masyarakat yang solid, TMMD ini dapat diselesaikan tepat waktu,” tukas Dandim 0726/Sukoharjo.

Dandim 0726/Sukoharjo juga menekankan bahwa selain sasaran fisik, TMMD kali ini juga menyasar beberapa sasaran non fisik diantaranya dengan prioritas Penyuluhan Kesehatan dan Stunting.

(Agus Kemplu)

 76 kali dilihat