Wakil Bupati Way Kanan Membuka Pelatihan Sistem Keuangan Kampung

WAY KANAN

Lampung Visual.com-Bertempat di Aula Kecamatan Blambangan Umpu, Rabu (03/05/2017), Wakil Bupati DR.Drs.H.Edward Antony, M.M di dampingi Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Muhammad Darwis.S.STP dan Sekretaris Kecamatan Blambangan Umpu, Aan Verial Kusuma.S.STP membuka Pelatihan Sistem Keuangan Kampung Bagi Operator Kampung Se-Kabupaten Way Kanan.

Dalam pidatonya Edward Antony mengatakan, Dasar pengelolaan keuangan Kampungharus berpegang pada tata pemerintahan yang baik, yaitu partisipasi, akuntabilitas, transparansi dan keadilan.

Baca Juga:  Vaksinasi Merdeka di Tempat Ibadah, Kapolres Ingin Herd Immunity Segera Terbentuk

Dalam rangka akuntabilitas, transparansi dan kecepatan penyelesaian laporan keuangan sambungnya, pengelolaan keuangan Kampung dapat didukung dengan basis teknologi berupa sebuah sistem yang terintegrasi dengan baik, karena akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan keuangan Kampung, serta  membantu Pemerintah Kampung dalam menyediakan laporan keuangan yang transaparan, akuntabel, dan tepat waktu.

“Sistem aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pemerintah Kampung dalam mengelola keuangannya adalah Siskeudes (Sistem Keuangan Desa), mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan sampai dengan pertanggungjawaban keuangan Kampung sesuai dengan peraturan yang ada,”Terang Wakil Bupati yang juga ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan itu.

Baca Juga:  Pemuda Peduli Lingkungan Memperingati Hari Air Sedunia

Ketua Panitia Kegiatan Darwis pelatihan diikuti oleh satu orang dari tiap kampung di Kecamatan Blambangan umpu bertujuan meningkatkan kapasitas para operator.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan masing masing kecamatan selama 2 haridan akan bergilir di 14 kecamatan se waykanan. Diperkirakan tanggal 23 bulan ini seluruh kecamatan akan kita datangi sehingga operator desa di 221 kampung bisa kita latih semua.” Ujar Darwis.(Fikri)

 593 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.