Antisipasi Penyakit PMK, Babinsa Koramil Sumberrejo Bojonegoro dampingi Petugas Vaksinasi Hewan Ternak

Antisipasi Penyakit PMK, Babinsa Koramil Sumberrejo Bojonegoro dampingi Petugas Vaksinasi Hewan Ternak
JAWA TIMUR

Bojonegoro, (LV) –
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Sumberrejo, Kodim 0813 Bojonegoro, melaksanakan pendampingan pemberian vaksinasi untuk hewan ternak warga dalam rangka mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) oleh Petugas kesehatan dari Dinas Peternakan Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro di wilayah Desa Sumuragung.

Selain Babinsa, kegiatan ini yang juga dihadiri oleh Kepala Desa Sumuragung, Mashadi, beserta perangkat desa dan Bhabinkamtibmas Desa Sumuragung. Dalam kegiatan ini, sebanyak 89 ekor hewan ternak sapi milik warga setempat dapat tervaksin.

Baca Juga:  Satgas TMMD Bojonegoro, Bersama Warga Kerjakan Pembangunan SD Di Ngrancang

Di lokasi kegiatan, Babinsa Desa Sumuragung Serma Humaidi mengatakan, saat ini pemerintah tengah gencar memberantas adanya wabah penyakit virus pada hewan ternak yakni Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang tersebar di berbagai daerah.

“Penyakit PMK ini tergolong penyakit menular, yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah atau genap seperti hewan sapi,” ungkapnya. Jumat, (13/1/2023).

Sehingga, untuk mengantisipasi atau mencegah penularan penyakit PMK tersebut harus dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang, peralatan, kendaraan, dan bahan-bahan lain yang memungkinkan bisa menularkan PMK dengan deterjen atau disinfektan.

Baca Juga:  Inilah Jamu Tradisional Warga Jatimulyo Dilokasi TMMD 110 Bojonegoro

“TNI dalam hal ini Babinsa, selalu siap membantu pemerintah dalam mencegah dan menangani penyebaran virus PMK di wilayah binaan,” tambah Serma Humaidi.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat khususnya warga Kecamatan Sumberrejo yang memiliki ternak sapi untuk rutin membersihkan lingkungan kandangnya.

“Apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain.” pungkasnya.

 206 kali dilihat

Tagged