Apel Besar Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Daerah Lampung, Gubernur Arinal Harapkan Pramuka Memberikan Kualitas Terbaik Bagi Pendidikan Karakter Bangsa

Apel Besar Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Daerah Lampung, Gubernur Arinal Harapkan Pramuka Memberikan Kualitas Terbaik Bagi Pendidikan Karakter Bangsa
MESUJI

MESUJI, (LV)-

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Ka Mabida) Gerakan Pramuka Provinsi Lampung, menjadi Pembina Upacara pada Apel Besar Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Daerah Lampung Tahun 2022, di Lapangan Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, Kamis (27/10/2022).

Peringatan Hari Pramuka ke-61 mengusung tema “Mengabdi Tanpa Batas, Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema ini menunjukkan tekad Pramuka untuk terus mengabdi tanpa batas diberbagai bidang, salah satunya adalah tugas membentuk karakter bagi generasi muda Indonesia.

Melalui tema tersebut, Gubernur berharap agar peringatan Hari Pramuka kali ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian Gerakan Pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik di masa depan.

Baca Juga:  Peringati Hari Jadi Ke-24 Pemdes Tirta Laga Adakan Berbagai Lomba

Menurut Gubernur, di usianya yang ke-61, Pramuka telah membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia.

“Sampai saat ini semangat itu tidak pernah pudar, dan tidak boleh pudar. Pramuka harus selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia,” tegas Gubernur.

Pada Apel tersebut, Gubernur juga mengimbau agar gerakan Pramuka memberikan kualitas yang terbaik bagi pendidikan karakter bangsa melalui berbagai kegiatan yang melibatkan generasi muda, dan meningkatkan kepedulian akan kelestarian lingkungan.

Baca Juga:  277 PNS Mesuji Terima Kenaikan Pangkat

Kemudian, sebagaimana diketahui, bahwa Indonesia terletak di Ring of Fires dengan tiga lempeng dunia aktif mengapit hingga potensi bencana alam gempa bumi bisa terjadi sewaktu-waktu, untuk itu, Ka Mabida meminta agar anggota Pramuka dibekali kecakapan dalam menghadapi bencana alam.

Selain itu, dengan meredanya pandemi Covid-19, Ka Mabida mengimbau agar kegiatan kepramukaan di Saka/Sako dan di Gugus Depan baik Sekolah, Pesanteran, dan Desa dapat diaktifkan kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, serta melaksanakan kegiatan kepramukaan yang mendukung Program Lampung Berjaya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga memberikan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka Pancawarsa II, III, IV dan V, Darma Bakti, Karya Bakti, Melati, Lencana Teladan, Pandega Garuda dan Duta Muda Perlindungan Anak dari WWF, kepada 29 anggota Pramuka yang dinilai berjasa bagi Gerakan Pramuka Lampung.

Baca Juga:  Kompol M. Yamin Jabat Kabag Sumda Polres Mesuji

Diantaranya kepada Abel Aprilia, Penggalang Tulang Bawang Barat, yang mendapatkan penghargaan Duta Muda Perlindungan Anak dari WWF, kemudian Drs. Sulpakar, MM, Ka Mabicam Mesuji, diberikan penghargaan Pancawarsa V, Dr.dr.Hj. Reihana, M.Kes, Mabida/Ka.Mabi SBH, diberikan penghargaan Darma Bakti.

Selain tanda penghargaan gerakan pramuka, Gubernur juga menyerahkan bantuan bakti sosial berupa 2 kursi roda, santunan uang senilai 1 juta, dan 40 paket sembako. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

 77 kali dilihat