Atasi Blank Spot Area (Susah Sinyal) Pemkab Mesuji Gandeng PLN Icon Plus

Atasi Blank Spot Area (Susah Sinyal) Pemkab Mesuji Gandeng PLN Icon Plus
BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung, (LV) –
Pemkab Mesuji menjalin kerjasama dengan PLN Icon Plus untuk memperkuat jaringan telekomunikasi di Mesuji.

Ceremony Mou ditandatangani langsung Pj Bupati Mesuji Sulpakar dengan General Manager PLN Icon Plus Yan Alfino Simanjuntak, di Ballroom Radisson Hotel Kedaton Lampung. Minggu, (08/01/2023).

Kerjasama ini diperkuat dalam rangka pengembangan jaringan telekomunikasi terintegrasi di Kabupaten Mesuji.

Pj Bupati Mesuji mengungkapkan, penguatan jaringan telekomunikasi khususnya internet di Mesuji perlu dilakukan karena wilayah Mesuji sejauh ini masuk daerah blank spot (Susah Sinyal) Jaringan internet.

Sehingga untuk mengatasi itu, Pemkab Mesuji berupaya mencari solusi dan terobosan dengan menjalin kerjasama dengan PLN Icon plus yang memiliki perangkat mumpuni untuk memasok jaringan telekomunikasi hingga wilayah desa-desa di Mesuji.

Sulpakar menuturkan, pada tahap awal kerjasama jaringan telekomunikasi ini memang di fokuskan di Perkantoran Pemkab Mesuji.

Baca Juga:  Dugaan Ijazah Palsu Caleg Dilaporkan Ke Polda

Hal ini, kata Sulpakar, untuk memperkuat Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang kini mulai diterapkan di Pemkab Mesuji.

SPBE atau yang biasa disebut dengan e-government adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, aparatur sipil negara, pelaku bisnis, masyarakat, dan pihak-pihak lainnya.

Dengan adanya jaringan komunikasi yang digunakan dengan PLN Icon plus ini, Sulpakar mengatakan, penerapan SPBE di Pemkab Mesuji bisa terus ditingkatkan secara bertahap.

“Jadi dengan diterapkannya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ini saya harap kedepan tidak ada lagi penumpukan arsip berkas di Pemda Mesuji. Karena jaringan ini (PLN Icon Plus) sudah terkoneksi dengan SPBE,” terang Sulpakar usai acara.

Bukan hanya SPBE, Sulpakar menuturkan tujuan akhir dengan adanya jaringan telekomunikasi dari PLN Icon plus ini bisa mengintegrasikan single data di Pemkab Mesuji yang bisa berimpack secara maksimal.

Baca Juga:  Syekh Ali Jaber : Media dan Netizen harap berikan informasi sesuai kejadian

“Harapannya kedepan kerjasama Pemkab Mesuji dengan PLN Icon plus ini bisa terus terjalin sehingga dapat memicu digitalisasi menuju transformasi digital di Mesuji,” tutur Sulpakar.

Penjabat Bupati yang dikenal dengan Jargon kerjanya ” Bergerak Bersama Maju Semua” ini pun punya alasan tersendiri mengapa memilih PLN Icon plus untuk mengatasi blank spot (Susah Sinyal) di Mesuji.

“Kita punya pandangan icon plus ini tidak terlalu sulit, karena jaringan internet bisa memanfaatkan dan mengikuti alur jaringan dari PLN yang ada yang penting ada tiang listrik maka icon plus jaringan pasti bisa disalurkan,” kata Sulpakar.

Dia pun berharap kedepan jaringan internet yang melalui jalur PLN Icon plus ini bisa menyebar masuk ke wilayah pedesaan di wilayah Mesuji.
Ini memungkinkan lantaran sudah tersedianya perangkat jaringan melalui tiang listrik PLN.

Baca Juga:  Wali Kota Minta Maaf Kepada Masyarakat

Sementara, GM PLN Icon plus Yan Alfino Simanjuntak menuturkan, jaringan telekomunikasi yang ada pada PLN Icon plus bukan sekedar jaringan internet, namun juga menyangkut jaringan data.

“Jadi jaringan ini menyangkut semua layanan data, yang bisa menyalurkan data termasuk internet,” ungkap Yan Alfino.

Dia mengungkapkan, semua infrastruktur layanan komunikasi yang ada pada PLN Icon plus hanyalah dasar yang pada akhirnya bermuara pada layanan publik.

“Bagaimana kedepan bisa meningkatkan layanan public di Mesuji supaya layanan public di Mesuji ini bisa transparan, cepat, dan bisa di monitor langsung,” paparnya.

( Yepi Nalita )

 95 kali dilihat

Tagged