Babinsa Sosialisasikan Pencegahan PMK kepada Warganya

Babinsa Sosialisasikan Pencegahan PMK kepada Warganya
JAWA TENGAH

Sragen,-

Cegah semakin menyebarnya PMK Serma Abdus Salam Babinsa Desa Pengkok anggota Koramil 05/Kedawung Kodim 0725/Srage melaksanakan Komsos sekaligus memberikan sosialisasi PMK kepada Bp. Suwarno warga dk.Pengkok Rt 16 Desa Pengkok Kec. Kedawung Kab Sragen, Selasa ( 01/11/2022 )

Serma Abdus Salam minta warga untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap hewan ternaknya. Peternak harus memperhatikan kesehatan dan kebersihan dari hewan ternaknya. Pasalnya, musim penghujan yang mulai terjadi saat ini ternyata berpengaruh terhadap rentannya hewan ternak terserang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
Serma Abdus salam mengatakan kondisi hewan ternak yang tidak sehat dan menurunnya kesehatan akibat pengaruh cuaca membuat berisiko terinfeksi penyakit PMK. “Apalagi hujan, biasanya membuat kondisi ternak menurun,” katanya.

Baca Juga:  TNI Bersinergis Dengan Sibat Dan PMI Laksanakan Penyemprotan Desinfektan

Dia menjelaskan, saat musim penghujan tiba, kondisi lingkungan cenderung jadi lembab, sehingga menyebabkan virus PMK dapat bertahan lama di suatu lingkungan.
Untuk itu, kata Babinsa, untuk menghindari risiko hewan terinfeksi PMK, peternak diminta berperan aktif mendukung terciptanya herd immunity atau kekebalan kelompok pada peternakan.
Gejala klinis PMK yang perlu diwaspadai adalah kepincangan akut pada hewan, hipersalivasi atau alir liur berbusa atau menggantung serta pembengkakan kelenjar submandibular. Hewan yang sakit juga mengalami vesikel atau lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, lubang hidung, hingga kulit sekitar teracak dan puting.

Baca Juga:  Kasdim Kunjungi Barak Satgas TMMD

(Den Kemplu)

 41 kali dilihat