Begini Cara Babinsa Koramil 07/Johan Pahlawan Dalam Mewujudkan Pemberdayaan Wilayah Bidang Pertanian

Begini Cara Babinsa Koramil 07/Johan Pahlawan Dalam Mewujudkan Pemberdayaan Wilayah Bidang Pertanian
ACEH BARAT

Aceh Barat, (LV)-

Demi terwujudnya swasembada pangan di wilayah, Babinsa Koramil 07/Johan Pahlawan Kodim 0105/Abar Serda Wawan Kriswahyudi langsung terjun ke Sawah turut ikut membantu para Petani di Desa binaannya yang tengah merontokkan hasil panen (Padi) dengan menggunakan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) bertempat di Desa Kuta Padang Kecamatan Johan Pahlawan, Sabtu (5/11/2022)

Dalam pelaksanaan tugas di wilayah, selain memberikan rasa aman dan nyaman, Babinsa juga mempunyai kewajiban untuk bisa membantu menyukseskan bidang Pertanian yang menjadi program Pemerintah.

Layaknya yang diaplikasikan oleh Serda Wawan Kriswahyudi, usai turut membantu proses pemanenan di lahan Sawah milik Bapak Ramli, Dirinya juga ikut membantu tahap perontokan Padi dengan menggunakan Mesin perontok.

Baca Juga:  Dandim Aceh Barat Tegaskan Memasuki Kawasan Kota Meulaboh Wajib Pakai Masker

“Hal ini Kami lakukan sebagai wujud peran serta TNI khususnya Babinsa dalam mendampingi Petani guna mewujudkan Ketahanan Pangan (Han Pangan), sekaligus untuk menunjukan bahwa TNI itu selalu manunggal bersama rakyat dalam situasi maupun kondisi apapun”, ungkap Babinsa

Dilokasi terpantau kedekatan dan keakraban Babinsa dengan para Petani begitu kental. Bak tak ada Dinding atau sekat pemisah, sembari bekerja Babinsa bersama para Petani terlihat ceria penuh canda tawa.

Baca Juga:  Bupati Aceh Barat Resmi Membuka Kegiatan TMMD Reg Ke-108 Kodim 0105/Abar

Tentunya pemandangan ini sangat membahagiakan bagi semuanyan tak terkecuali Bapak Ramli selaku Tuan Rumah atau pemilik lahan.

“Kami sangat terbantu dan senang dengan adanya uluran Tangan dari Babinsa yang turun lansung ke lapangan, sehingga pekerjaan Kami menjadi ringan dan cepat terselesaikan. Babinsa mengajarkan Kami bagaimana mekanisme merontokkan Padi agar cepat selesai namun jauh dari kesan melelahkan. Dan hari ini telah dibuktikan oleh Babinsa”, ulas Ramli

Sementara itu, Danramil 07/Johan Pahlawan Kapten Inf Hendra Saputra menyampaikan, apa yang dilakukan oleh Serda Wawan Kriswahyudi merupakan salah satu wujud pemberdayaan wilayah bidang Pertanian sebagai upaya menjaga ketahanan pangan khususnya di wilayah Johan Pahlawan.

Baca Juga:  Kodim 0105/Abar Salurkan BLT PKL

“Babinsa telah membuktikannya, selama ini turut ikut membantu para Petani yang ada di Desa binaan. Mulai dari persiapan lahan, penyemaian bibit, penanaman, perawatan hingga sampai dengan proses pemanenan seperti sekarang ini”, terang Danramil

Danramil juga menghimbau kepada para Petani yang masih ada Padi di Sawah agar sesegera mungkin untuk memanen Padinya. Pasalnya, ini sudah dipenghujung musim panen dan saat ini juga kerap turun hujan jangan sampai menjadi kendala proses pemanenan. (*)

 73 kali dilihat