Bimtek Kurikulum Merdeka, Dosen Prodi Sistem Informasi – Alumnus Pascasarjana Darmajaya Jadi Pembicara

Bimtek Kurikulum Merdeka, Dosen Prodi Sistem Informasi - Alumnus Pascasarjana Darmajaya Jadi Pembicara
BANDAR LAMPUNG

BANDARLAMPUNG –
Dosen Prodi Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Arman Suryadi Karim, S.Kom., M.T.I., menjadi narasumber Bimbingan Teknis (Bimtek) Informatika Implementasi Kurikulum Merdeka, di Aula Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Lampung, Selasa (16/8/22).

Arman Suryadi Karim menyampaikan topik ‘Informatika dalam Kurikulum Merdeka (Coding Skills)’. Bimtek tersebut juga diisi narasumber dari Co-Kapten Belajar.id Provinsi Lampung Tri Nurul Fadjarotun, S.Kom., M.T.I., yang juga alumnus Prodi Magister Teknik Informatika (MTI) IIB Darmajaya.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri Kepala BGP Provinsi Lampung Dra. Suriatanti Supriyadi, M.Si.; Kabid GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Linda Fanheti, S.E., M.M.; dan Ketua Prodi Magister Teknik Informatika IIB Darmajaya Joko Triloka, S.Kom., M.T., Ph.D.. Selain itu, Ketua Prodi Magister Manajemen Teknologi IIB Darmajaya Isnandar Agus, S.Pd., M.Kom.; Ketua Prodi Magister Manajemen IIB Darmajaya Dr. Lukmanul Hakim, M.M.; dan Staf Pemasaran Pascasarjana IIB Darmajaya Agus Rahardi, S.Kom., M.T.I. Bimtek diikuti 100 guru Informatika SMA se Provinsi Lampung.

Baca Juga:  PDAM Way Rilau Akan Lounching Air Kemasan

Saat paparan, Arman menjelaskan pengertian dan fungsi algoritma. Selain itu juga, ia menjelaskan mengenai bahasa pemograman C. Tak hanya itu, Arman juga memberikan langkah-langkah dalam melakukan instalasi C++ dan editor visual studio code kepada guru Informatika. Ia juga mengajak peserta untuk langsung praktik sederhana dalam bahasa pemograman C.

Sementara itu, Kepala BGP Provinsi Lampung Dra. Suriatanti Supriyadi, M.Si, menyampaikan bahwa BGP Provinsi Lampung sangat mengapresiasi pelaksanaan Bimtek Informatika ini. “Filosofi “gotong royong” kolaborasi antara BGP dan MGTIK tercermin dalam kegiatan ini untuk usaha percepatan pemanfaatan platform merdeka mengajar serta peningkatan SDM Guru Informatika sehingga tercipta ekosistem pendidikan dengan SDM berkualitas,” ucapnya.

Baca Juga:  Kodim 0410/KBL Membentuk Tim Pencarian Korban Hanyut di Langkapura

Sedangkan Tri Nurul Fajarotun, S.Kom., M.T.I., Ketua Panitia yang juga Co-Kapten Belajar.ID Provinsi Lampung ini berharap peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Era Merdeka Belajar harus dioptimalkan. “MGMP merupakan wadah untuk memfasilitasi guru bidang studi yang sama dalam berdiskusi dan berbagi informasi serta pengalaman sehingga memperkuat kompetensi guru dalam mengajar,” ucapnya. (**)

 130 kali dilihat